HUT ke-31 IKA UT Gelar Webinar dan Lomba Esai

Merayakan hari jadinya yang ke-31, Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) menggelar webinar bertajuk "Harmoni Dalam Keberagaman Mewujudkan Kerukunan Nasional Berbasis Ekonomi Yang Berkeadilan". Puncak perayaan dilaksanakan pada Jumat, 26 Maret 2021 bertempat di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan. Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum IKA UT Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, M.Si. beserta pengurus IKA UT, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. bersama jajaran pimpinan UT Pusat, juga diikuti Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D Rektor UT periode 2013-2017, Ir. Victoria br Simanungkalit, M.M Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI. Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) yang diwakili beberapa alumni dari Perguruan Tinggi Negeri seperti UGM dan Unibraw juga mengikuti acara tersebut.

Ketua Umum IKA UT dalam sambutannya mengingatkan bahwa bertambahnya usia organisasi berbeda dengan manusia. Semakin bertambah usia manusia maka semakin rentan dan terlupakan. Sebaliknya, sebuah organisasi semakin bertambah usia maka akan semakin kuat menunjukkan kedigdayaannya dan dikenal khalayak. Hal ini yang diharapkan untuk IKA UT tentu dengan syarat dikelola oleh orang-orang kompeten yang mampu mengikuti perubahan zaman dan situasi yang dinamis serta menghargai perbedaan dalam keberagaman. Ketua IKA UT mengapresiasi UT sebagai Perguruan Tinggi (PT) yang terdepan dalam sistem PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) di Indonesia dan mengajak masyarakat untuk tidak ragu menempuh pendidikan di UT. Selain itu Ketua IKA UT mengingatkan petingnya peran PT dalam kerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan mutu di berbagai sektor karena pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.

Selanjutnya, Rektor UT memberikan sambutan hangat yang diawali ucapan selamat hari jadi ke-31 kepada IKA UT. Prof. Ojat berharap kerja sama dengan pemerintah bisa terus harmonis dan sinergis demi meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia. Rektor UT juga mengapresiasi kontribusi IKA UT terhadap UT dan berharap kerja sama tetap terus berlanjut untuk menjalankan mandat pemerintah Indonesia dalam melayani pendidikan jarak jauh khususnya mereka yang secara geografis sulit untuk dijangkau.

Sebagai penanda puncak acara, Ketua Umum IKA UT menyerahkan tumpeng kepada Rektor UT dan Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM RI. Berbagai tokoh nasional menyampaikan ucapan selamat secara virtual antara lain Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam acara webinar, Ibu Victoria menyampaikan materi dengan sangat komprehensif. Dalam paparannya, Ibu Victoria menyampaikan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kemenkop UKM RI untuk menjawab tantangan pengembangan kewirausahaan terutama untuk para calon pengusaha.

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba esai dengan tema “Indonesia yang Saya Cita-Citakan”. Juara kategori alumni UT diraih oleh Rika Purnama Lubis dan kategori Mahasiswa UT diberikan kepada Richmond Faithful. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan memenuhi standar protokol kesehatan.

Tags: