Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021: UT Berdaya Cipta ASN Berkualitas

Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar acara wisuda secara daring untuk kedua kalinya, Selasa (24/11/2020). Pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021 yang dihelat pada masa Pandemi Covid-19 ini  sebanyak 932 wisudawan resmi menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana, termasuk juga 12 orang wisudawan yang berdomisili di Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Jepang, Belgia, Kanada, Prancis dan Inggris.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Ojat berharap wisuda dalam jaringan ini tidak mengurangi makna dan kebahagiaan sebagai momen penting atas capaian prestasi akademik di UT. Dalam wisuda tersebut Rektor UT mengangkat tema “UT Berdaya Cipta ASN Berkualitas” terkait capaian UT sebagai universitas dengan lulusan terbanyak yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) baru. Pada pelaksanaan Tes CPNS tahun 2019, sebanyak 9.436 alumni UT berhasil lulus dan menjadi calon ASN baru. Hal ini memperlihatkan kualitas lulusan UT yang semakin kompetitif dan siap mengabdi menjadi ASN yang adaptif, profesional, kompetitif dan berwawasan global.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.BA. mengapresiasi capaian UT dalam mengembangkan kurikulum yang semakin berkualitas sehingga mencetak lulusan yang berdaya saing dalam dunia kerja. Bambang menambahkan, UT lebih siap dalam menghadapi dunia pendidikan yang terdampak Pandemi Covid-19 karena UT telah mengaplikasikan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan TIK sejak 36 tahun silam. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) secara online menjadi solusi di tengah keterbatasan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara tatap muka.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan penghargaan kepada beberapa wisudawan terbaik yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00. Mereka yang meraih Predikat Kelulusan Dengan Pujian tersebut yaitu Robert Harry Soesanto (Program Studi Magister Pendidikan Matematika dari UPBJJ-UT Jakarta), Nyoman Mira Yantini (Prodi Manajemen UPBJJ-UT Denpasar), I Kade Dwi Sumiantara (Prodi Manajemen UPBJJ-UT Denpasar), Bahariah (Prodi Manajemen UPBJJ-UT Majene) dan Hairwan (Prodi Manajemen UPBJJ-UT Majene).

Rangkaian acara wisuda diakhiri dengan Pembacaan Janji Wisudawan UT oleh Lela Setyianingsih dari UPBJJ-UT Semarang yang juga merupakan lulusan termuda dalam wisuda ini. Sementara sambutan sekaligus ucapan terima kasih dari alumni diwakili oleh Achmad Tarmizi yang saat ini menjabat sebagai Sekda Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumsel. Terakhir, penyerahan alumni UT oleh Rektor kepada perwakilan IKA-UT Drs. Leles Sudarmanto, M.M.