Voice of PPs Keenam: Membangun Platform dan Kultur Baru Pelayanan Publik di Era Digital

Pandemi Covid-19 banyak mengubah tatanan kehidupan bermasyarakat sehingga menuntut adanya penyesuaian administrasi publik oleh pemerintah. Peran serta Teknologi, Informasi dan Komunikasi membantu dalam berbagai aspek kehidupan manusia seperti kemudahan dan efisiensi mengakses layanan publik. Hal ini menjadi pokok bahasan dalam Webinar Voice of PPs Seri Keenam yang digelar oleh Program Pasca Sarjana UT dan ditayangkan secara virtual melalui Channel Youtube UT TV, Sabtu (17/10/2020).

Mengawali webinar, Dr. Siti Julaeha, M.A. selaku Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana UT menyampaikan sambutannya. Ia menyatakan bahwa melalui kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan pengayaan khususnya bagi mahasiswa Magister Administrasi Publik guna memahami kultur pelayanan publik dengan TIK.

Voice of PPs Seri Keenam mengundang narasumber Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Martani Huseini, DEA. dengan moderator Dr. Darmanto, M.Ed. selaku Ketua Prodi Hukum, Sosial, dan Politik P5s UT. Martani fokus dalam membahas mengenai teknik Membangun Platform dan Kultur Baru Pelayanan Publik di Era Digital. Dengan bantuan TIK seperti internet, otomatisasi pekerjaan, Internet of Things, teknologi cloud dan robotika memberikan kemudahan bagi manusia untuk mengakses dan menjangkau layanan publik lebih mudah dan cepat.

Ia mencontohkan dalam hal layanan pendidikan berbasis digital memberikan pelayanan yang lebih mudah dan terjangkau bagi peserta pendidikan. Martani mengapresasi atas capaian UT yang menjangkau mahasiswanya hingga ke pelosok Indonesia untuk menyediakan pendidikan tinggi, sehingga belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.