Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes Jalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

Kali ini, Universitas Terbuka (UT) kembali dipercaya untuk mendukung pemerintah dalam penerapan sistem pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ) di Indonesia. Acara Penyerahan Dokumen Kesepakatan Bersama dari Universitas Terbuka kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes yang dilakukan secara daring melalui aplikasi ZOOM (21/10/20). Adapun Kabupaten Brebes termasuk wilayah UT Purwokerto dan pada kesempatan tersebut, UT diwakili oleh Kasubag TU pada UT Purwokerto, Anto Widiatmoko, S.E. Nota Kesepahaman antara UT dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes yang sudah ditandatangani beberapa waktu lalu oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. diserahkan kepada Bupati Brebes, Hj. Iza Priyati S.E., M.H., yang diwakili oleh Wakil Bupati Brebes, Narjo, S.H., M.H. Dalam nota kesepahaman tersebut, kedua belah pihak bersepakat untuk bekerja sama dalam hal peningkatan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Mewakili Rektor UT, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja sama Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. menyaksikan acara penyerahan dokumen tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa UT memiliki kurang lebih 302.000 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. UT merupakan perguruan tinggi yang strategis dalam rangka membantu peningkatan kompetensi dalam pembangunan SDM di Indonesia. Saat ini, mahasiswa UT di wilayah UPBJJ Purwokerto tercatat sebanyak 9.500 orang yang tersebar di seluruh kabupaten, kota, dan khusus untuk wilayah Brebes sekitar 1.500 hingga 2.000 mahasiswa. UT menyambut kerja sama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam peningkatan kapasitas SDM di wilayah Kabupaten Brebes.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kabupaten Brebes yang di wakili oleh Wakil Bupati Kabupaten Brebes disampaikan bahwa kerja sama ini sangat berharga dalam rangka pelaksanaan kegiatan studi untuk disumbangkan kepada pemerintah daerah dan masyarakat, memantapkan pengabdian kepada masyarakat dengan membuat program pengembangan ekonomi rakyat, serta membantu mengarahkan partisipasi masyarakat melalui kegiatan dalam rangka Tri Darma Perguruan Tinggi dalam peningkatan SDM. Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes juga mengucapkan terima kasih pada UT karena telah membantu mewujudkan peningkatan pembangunan dan pengembangan kapasitas warga Brebes.