UT dan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Jalin Kerja Sama PJJ

Untuk mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan tinggi khususnya di era Pandemi Covid-19, Universitas Terbuka (UT) terus bersinergi dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Di awal Agustus ini UT menjalin kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (6/8/2020). Acara berlangsung di dua tempat yaitu Jakarta dan Pangkal Pinang yang dihadiri oleh Rektor UT, Wakil Rektor IV, Direktur UT Pangkalpinang serta jajaran pimpinan dari UT dan IAIN SAS.

Dalam sambutannya Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa di masa Covid-19 ini pendidikan secara online atau jarak jauh merupakan metode pembelajaran paling strategis sehingga mulai diaplikasikan di berbagai institusi pendidikan. Hal ini merupakan kesempatan bagi UT maupun institusi pendidikan lainnya untuk membangun kerja sama dalam hal Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dengan menerapkan sistem PJJ, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat tetap berlangsung secara virtual, sehingga pemerataan pendidikan tinggi dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia baik di kota, desa, daerah 3T, maupun masyarakat Indonesia yang sedang berada di luar negeri. Rektor menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat memberikan kontribusi optimal dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

Pada kesempatan yang sama Rektor IAIN SAS Dr. Zayadi, M.Ag. menyampaikan apresiasinya kepada UT atas kerja sama yang dilakukan. Zayadi berharap kerja sama ini dapat membantu pengembangan institusi ke depan, khususnya membantu dalam penyusunan rumusan proses pembelajaran online yang mulai diterapkan oleh IAIN SAS. Penandatanganan dilakukan secara bersamaan di tempat masing-masing, kemudian dilakukan pertukaran cinderamata oleh Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang dan Rektor IAIN SAS.