Seminar Nasional II HKI: Pembelajaran Kimia di Era Revolusi Industri 4.0

Pada hari Sabtu (29/2/2020) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) menggelar Seminar nasional ke-2 yang bertema “Pembelajaran Kimia di Era Revolusi Industri 4.0”. seminar ini merupakan kerja sama antara program Studi Pendidikan Kimia FKIP UT dengan Himpunan Kimia Indonesia (HKI) Divisi Pendidikan Kimia.

Seminar dihadiri oleh 50 perguruan tinggi di Indonesia dengan jumlah peserta mencapai 150 orang, 39 di antaranya adalah dosen yang hadir sebagai pemakalah. Pembicara utama pada seminar kali ini adalah Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. yang membawakan materi mengenai “Pembelajaran Kimia di Era Digital” dan Prof. Dr. Anna permanasari, M.Si dengan materi berjudul “Guru Kimia sebagai Penggerak Merdeka Belajar”. Selain penyampaian materi, dalam kegiatan ini juga akan dipilih 4 juara dari para penampil makalah. Serta perayaan hari lahir HKI yang ke-2 dengan ditandai dengan potong tumpeng oleh Ketua HKI.

Kegiatan seminar ini dibuka dengan laporan dari ketua panitia pelaksana Dr. Sandra Sukmaning Adji, M.Ed. dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HKI, Divisi Pendidikan Kimia, Prof. Dr. Suyanta. M.Si. dalam sambutannya dikatakan bahwa HKI khususnya divisi Himpunan Kimia berkomitmen untuk terus mengadakan sharing, seminar, maupun penelitian ilmiah minimal setahun sekali, untuk itu atas nama HKI, beliau berterima kasih kepada UT karena telah membantu menyelenggarakan seminar ini. Diharapkan seminar ini dapat mewujudkan misi pemerintah salah satunya penerapan kampus merdeka.

Selanjutnya, Rektor Universitas Terbuka yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Informasi dan Kemahasiswaan menyampaikan, pendidikan harus bisa mendorong peningkatan kesejahteraan manusia. Untuk menghadapi tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, pemerintah maupun institusi pendidikan harus menyiapkan kualifikasi guru yang mampu bersaing dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa salah satunya dengan reorientasi kurikulum yang disesuaikan pada era ini. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa pembaharuan pembelajaran kimia dan mampu mendorong kreativitas guru kimia di Era Revolusi Industri 4.0.