Penerapan Model Pembelajaran Daring pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis di PT Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan kapabilitas Fakultas Ekonomi dan Bisnis PTN se-Indonesia, Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (DPN AFEBI) melakukan kunjungan ke Universitas Terbuka (UT). AFEBI adalah forum asosiasi dekan atau perwakilan dekan FEB Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yang bekerja sama  dalam meningkatkan kinerja Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta memberikan masukan bagi pemerintah dalam bidang ekonomi dan keuangan. Kunjungan dilangsungkan di Operation Room UT (7/2/2020).

Tema yang akan didiskusikan dalam kunjungan ini adalah “Model Pembelajaran Daring”, dihadiri oleh 9 orang pengurus DPN AFEBI yang berasal dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya. Universitas Hasanuddin, dan Universitas Diponegoro.

Pertemuan ini diawali oleh laporan dari Dekan Fakultas Ekonomi UT, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. Pertemuan ini merupakan lanjutan kunjungan tahun lalu, akan membahas mengenai pengambilan mata kuliah di UT untuk seluruh mahasiswa PTN yang bergabung dengan AFEBI.

Berikutnya sambutan sekaligus pembukaan oleh Rektor UT yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. dalam sambutannya, Wakil Rektor menyampaikan dua poin utama, yaitu UT ditugaskan pemerintah untuk mengembangan mata kuliah menjadi mata kuliah nasional dan memfasilitasi perguruan tinggi (PT) lain yang belum memiliki sistem pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat menjalankan hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan kerja sama dengan PT lain untuk mengembangkan mata kuliah nasional yang dibuat oleh para pakar dari masing-masing PT serta melakukan pelatihan e-learning bagi dosen maupun mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Dewan Pengurus Nasional AFEBI Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. menyampaikan tujuan utama dari kunjungan ini yaitu mengambil mata kuliah yang bisa diadaptasi dari UT khususnya mata kuliah terkait dengan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB).

Dengan adanya kunjungan tersebut diharapkan FEB dapat mengakomodasi pembelajaran daring di PT masing-masing atau bekerja sama dengan UT dalam rangka memperluas akses kesempatan belajar untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kunjungan ini juga dinilai strategis karena dapat meningkatkan kerjasama diantara anggota asosiasi dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi agar sejajar dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.