Guna Meningkatkan Kualitas PMKM, UT Menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi PMKM dengan Perguruan Tinggi Mitra UT

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membuat berbagai aktivitas mulai dilakukan secara online. Hal ini sudah diterapkan dalam sistem pendidikan. Satu-satunya perguruan tinggi negeri yang sudah menerapkan sistem pembelajaran fully online adalah Universitas Terbuka (UT). Sebagai benchmark perguruan tinggi jarak jauh, UT sering dijadikan sebagai acuan bagi perguruan tinggi dan institusi lainnya untuk studi banding maupun melakukan berbagai kerja sama terkait dengan sistem pembelajaran online, salah satunya terkait dengan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM).

Tanggal 20-21 Januari 2020, UT mengadakan workshop PMKM dengan beberapa perguruan tinggi mitra UT. Pada hari Senin (20/1/2020) diadakan “Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelenggaraan PMKM Kemitraan” dengan peserta dari 9 perguruan tinggi mitra lama, yaitu Universitas Citra Bangsa Kupang, Universitas Ngurah Rai, Universitas Pendidikan Ganesha, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Batam, Xinya College Tarumanegara, STIKes Taruma Negara, STIKes Ranah Minang, dan STIKes Nasional Surakarta. Bahasan utama pada rapat koordinasi ini adalah presentasi dan diskusi mengenai penyampaian hasil evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A.

Kemudian pada hari Selasa (21/1/2020) diadakan “Sosisalisasi Sistem Penyelenggaraan PMKM Kemitraan” dengan 4 perguruan tinggi mitra baru yaitu, Universitas Negeri Padang, Universitas Satya Negara Indonesia, STIKes Hang tuah,  dan Politeknik Negeri Semarang. Pada kesempatan kali ini, disosialisasikan bagaimana cara untuk mengambil mata kuliah secara online yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT. Selain dihadiri oleh perguruan tinggi mitra, rapat koordinasi dan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, dan jajaran pimpinan di lingkungan UT.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa UT diberikan mandat oleh pemerintah untuk mendampingi dan memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi konvensional agar memiliki kapasitas yang sama dengan UT untuk mengadakan program belajar secara online, selain itu juga memberikan kesempatan kepada para pengajar untuk mengembangkan bahan ajar secara online. Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat semakin mengembangkan pendidikan online dan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan PMKM kedepannya.