Seminar Nasional dan Gelar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019

Pada tanggal 20 November 2019 Universitas Terbuka (UT) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional dan Gelar Hasil Pengabdian Masyarakat yang diadakan di UT Convention Center. Seminar ini diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM-UT) dengan mengangkat tema “Peran Strategi Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Masyarakat yang Cerdas, Berkarakter, dan Sejahtera.” Tema ini diangkat sejalan dengan sasaran pembangunan berkelanjutan atau SDGs (sustainable development goals) yang menetapkan 17 sasaran yang harus dicapai pada akhir 2030. Pembicara utama pada seminar ini adalah Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti yang diwakili oleh Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat Kemenristekdikti, Suwitno, S.E.

Dalam kesempatan ini, UT mengundang para dosen dari 15 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia untuk mempresentasikan makalahnya. Dari total 98 makalah yang diterima, dipilih 77 dosen untuk presentasi. Selain seminar, juga diselenggarakan Gelar Hasil PkM yang merupakan mitra binaan UT. Produk-produk yang dihasilkan ditampilkan untuk kemudian dijual kepada pengunjung. Terdapat 40 mitra binaan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya Seminar dan Hasil Pengabdian kepada Masyarakat adalah untuk berbagi pengalaman antar sesama dosen dalam melakukan PkM dan untuk menunjukkan hasil atau produk-produk PkM oleh para dosen dan mitra PkM.

Pembukaan acara diawali dengan pemukulan gong oleh Rektor UT, Prof. Ojat. Darojat, M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya dikatakan bahwa sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi, UT sangat menaruh perhatian terhadap kegiatan penelitian, riset, juga pengabdian kepada masyarakat, untuk itu diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan kerja sama strategis untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepannya.