Rektor UT Kukuhkan Moeldoko Sebagai Ketua IKA-UT Periode 2019-2024

Menjelang pelaksanaan Wisuda Tahun Akademik 2019/2020 Periode I Wilayah 3, Universitas Terbuka (UT) mengadakan Temu Wicara dan Seminar Wisuda pada tanggal 25 November 2019 yang dihadiri oleh para pimpinan di lingkungan UT dan calon wisudawan yang bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Temu wicara ini menjadi kesempatan bagi calon wisudawan untuk dapat saling berkenalan dan berinteraksi dengan pejabat di lingkungan UT maupun memberi masukan yang membangun bagi UT. Dalam temu wicara, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa lulusan UT tidak hanya dibekali pengetahuan mengenai bidang yang ditekuninya tetapi juga memiliki kemampuan belajar secara mandiri dan jarak jauh.

Bertindak sebagai pembicara Seminar Wisuda adalah Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.IP. (Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia) dengan tema “SDM Indonesia Unggul, Berkarakter, dan Maju Menuju Masyarakat 5.0”. Moeldoko menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan bentuk peradaban manusia untuk mendapatkan sarana prasarana untuk menunjang kesejahteraan. Melalui teknologi yang dimiliki, UT mampu menghasilkan lulusan terbaik dan bersaing dikancah nasional maupun internasional.

Sekaligus dalam kegiatan seminar  ini dilakukan pengukuhan Ketua Umum dan Pengurus Pusat Ikatan Alumni UT (IKA-UT) yang diketuai Jenderal TNI (Purn.) H. Moeldoko, S.IP. masa jabatan 2019-2024 oleh Rektor UT. Selanjutnya, serah terima jabatan dan serah terima keuangan dari Ketua IKA-UT Periode 2014-2019 Linda Agum Gumelar, S.IP. kepada Ketua IKA-UT yang baru menjabat.

Rektor UT menyampaikan bahwa saat ini UT telah memiliki sekitar 1,782,000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua IKA-UT terdahulu dan Ketua IKA-UT yang baru. Dalam sambutannya, Linda Agum Gumelar berharap kedepannya IKA-UT akan semakin maju dan keberadaannya semakin bermanfaat tidak hanya untuk alumni tetapi juga untuk masyarakat, serta kepada calon wisudawan agar terus memotivasi diri sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk almamater. Kemudian, Moeldoko menyatakan bahwa alumni UT dapat menjadi bridging institution antar mahasiswa dengan alumni sehingga dapat terjalin konektivitas yang lancar, serta dapat memperkokoh dan berkontribusi dalam pengurusan IKA-UT.