Rektor Ingatkan Pentingnya Karakter Bangsa di Wisuda UT Periode I 2019/2020 Wilayah 2

Upacara wisuda Periode I Tahun Akademik 2019/2020 Wilayah 2 dihadiri oleh 1,871 wisudawan yang berasal dari program diploma, sarjana, dan pascasarjana, Selasa (19/11/2019). Upacara wisuda berlangsung dengan hikmat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) yang didominasi oleh lebih dari 70% wisudawan dengan profesi guru. Para wisudawan resmi menyandang gelarnya setelah dikukuhkan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor UT mengapresiasi atas capaian para wisudawan yang telah menyelesaikan studi dengan baik, sehingga diharapkan dapat berkontribusi secara langsung di masyarakat luas.

Tema upacara wisuda kali ini yaitu “Peranan Teknologi Informasi dalam Mengukuhkan Konektivitas Bangsa”. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, Rektor UT menegaskan bahwa UT secara kontinyu melakukan berbagi inovasi. Dengan metode jarak jauhnya, UT secara tidak langsung telah membiasakan mahasiswanya untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) , mulai dari pendaftaran mahasiswa hingga proses pembelajaran dan ujiannya.

Derasnya paparan TIK pada masyarakat luas, perlu disikapi dengan nilai-nilai positif pada ideologi nasional Pancasila. Rektor UT mengingatkan bahwa karakter masyarakat Indonesia perlu dipertahankan sesuai dengan jati diri bangsa yang melekat pada Pancasila guna meningkatkan ketahanan nasional suatu negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam rangkaian upacara wisuda tersebut, Adhi Susilo, SP.t., M.Biotech.St., Ph.D. selaku dosen Program Studi Agribisnis, FST-UT menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Kompetensi di Era Revolusi Industri 4.0 Bidang Pertanian”. Adhi menyampaikan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, jumlah SDM yang memadai dan berkompeten, serta pemerataan SDM yang berkualitas.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UT juga menganugerahi  mahasiswa lulusan terbaik kepada Agus Maya Sari dari UT-Pangkal Pinang; Tutor berkinerja terbaik yaitu Dr. H. Hamka Hakim, M.Si., Dr. Diana Silaswati, M.Pd., dan Darsih Idayani, M.Si.