Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik 2019 Pangkalpinang

Dalam rangka menumbuhkan kecerdasan digital bagi generasi muda, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) kembali menggelar acara tahunan yaitu Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 yang diselenggarakan di Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung pada 23-25 Oktober 2019 dengan tema “Kolaborasi Komunikasi untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa”. Rangkaian acara pada SAIK 2019 kali ini adalah Public Expose & Public Service Exhibition, Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional 2019 (Pentura), Seminar Kehumasan, dan ditutup dengan Acara Anugerah Media Humas (AMH) 2019.

 Pameran SAIK 2019

Mengawali rangkaian acara ini, diselenggarakan Public Expose & Public Service Exhibition2019 di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang. Sebanyak 32 instansi berpartisipasi pada pameran ini, termasuk Universitas Terbuka (UT). Pembukaan acara diawali dengan jalan sehat yang diikuti oleh 5000 siswa dan masyarakat serta Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Prof. Dr. Widodo Muktiyo dan Wakil Gubernur Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si. Jumlah pengunjung yang hadir di booth UT selama tiga hari sebanyak 1220 pengunjung. Dengan adanya antusiasme dari masyarakat diharapkan UT semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.

SAIK 2019

Pada kesempatan yang sama, diselenggarakan Seminar Kehumasan yang dibawakan oleh para pakar seperti Rustika Herlambang (Direktur Komunikasi Indonesia Indikator), Dr. Karjono Atmoharsono, S.H., M.Hum. (Sekretaris Utama BPIP), Marsda TNI Dr. A. Adang Supriyadi, S.T., M.M. (Sekretaris Utama BNPT), dan Prof. Rhenald Kasali (Pendiri Rumah Perubahan) (24/10/2019) di Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Pangkalpinang. Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Gubernur Bangka Belitung dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Jenderal IKP Kemkominfo, keduanya berharap bahwa acara SAIK 2019 ini diharapkan dapat memberikan aksi nyata dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat, menyajikan informasi yang menyenangkan dan mencerahkan, sehingga informasi dapat memberikan motivasi dan nilai yang bermanfaat terutama di Era Industri 4.0. Selain seminar, adapun coaching classmengenai Perumusan Strategi Komunikasi, juga Bimbingan teknis Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat dalam rangkaian acara ini.

AMH 2019

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini ditutup dengan acara puncak yaitu Anugerah Media Humas (AMH) yang diadakan di Ballroom Novotel, Pangkalpinang pada Jumat malam (24/10/19). Penilaian ini diikuti oleh 169 instansi dari kementerian/Lembaga, BUMN, PTN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab./Kota. dengan beberapa kategori yaitu, Mitra Strategis, Penerbitan media Internal, Siaran Pers/Pemberitaan, Website, dan Media Sosial. Kali ini UT masuk dalam nominasi Media Sosial dalam lingkup PTN bersama dengan Institut pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada. Selain itu diumumkan juga pemenang Pentura, serta pemenang Booth Pameran SAIK 2019.