Bijak Menghadapi Bencana, UT Gelar Seminar Nasional Bertajuk “Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Kebencanaan”

Dalam rangka menumbuhkan budaya siaga terhadap bencana, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi mengusung tema “Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Kebencanaan”. Dalam kegiatan ini didesiminasikan hasil-hasil kolaborasi antara para akademisi dengan pemerintah daerah dan mitra strategis dalam mengembangkan program-program inovatif yang sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru yang dapat mendukung mitigasi dan pasca bencana.

Tiga pembicara utama pada seminar kali ini adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diwakili oleh Prof. Dr. Ahmad M. Ramli S.H., M.H, FCBArb. selaku Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kemenkominfo, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Dr. Ir. Surono selaku Ahli Geofisika dan Vulkanologi, serta Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, M.A., Ed.D. selaku moderator. Dalam kesempatan yang sama, terdapat 55 penyaji yang akan mempresentasikan hasil penelitiannya dalam sesi diskusi pararel.

Acara secara resmi dibuka oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya mengapresiasi para penyaji yang secara langsung berkontribusi dalam penelitian dan turut serta menyosialisasikan budaya siap siaga. Beliau menambahkan, edukasi bencana sangat dibutuhkan untuk lebih memahami dan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan saat bencana dengan harapan dapat meminimalkan jumlah korban jiwa.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Agus Santoso, M.Si. Dekan FST meluncurkan buku dengan judul “Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Kebencanaan” yang melibatkan 9 penulis.