Bersinergi melalui Rapat Tinjauan Manajemen

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi yang konsisten menerapkan sistem penjaminan mutu internal, secara periodik melakukan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ). Pada tahun 2019, kegiatan RTM dilaksanakan pada tanggal 21-26 Oktober 2019 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, dengan tema “Memperkokoh Kapasitas dan Kualitas Layanan, Meningkatkan Kepuasan Masyarakat”. Tujuan dari pelaksanaan RTM adalah untuk meninjau hasil implementasi sistem manajemen mutu dalam kurun waktu tertentu di hadapan pimpinan. RTM dihadiri oleh unsur pimpinan dari UT Pusat dan 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) di seluruh Indonesia, dengan rincian 48 pimpinan UT Pusat dan 117 pimpinan UPBJJ-UT. Selain itu, RTM ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X, Walikota Yogyakarta, yang diwakili Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial Ir. Haryoyudho, serta Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di usianya ke-35 tahun atau Lustrum ke VII, UT terus berupaya untuk mengembangkan perannya sebagai cyber university. Sejalan dengan usia UT yang ke-35, RTM pada 2019 mengangkat tema “Memperkokoh Kapasitas dan Kualitas Layanan, Meningkatkan Kepuasaan Masyarakat”. Tema ini sangat relevan dengan milestone UT tahun 2019 yaitu penguatan penerimaan masyarakat terhadap keberadaan UT (strengthening society acceptance of UT). UT sebagai pelopor pendidikan terbuka dan jarak jauh dituntut untuk terus memodernisasi diri melalui peningkatan kapasitas dan perbaikan kualitas layanan dalam upaya mewujudkan dan mengukuhkan konektivas bangsa. Berbagai upaya telah dilakukan UT untuk peningkatan kapasitas dan kualitas layanan pendidikan. UT dituntut untuk terus melakukan terobosan dan inovasi guna menyukseskan program pemerintah dalam hal peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Beberapa program strategis yang saat ini dikembangkan UT dalam rangka perluasan akses dan peningkatan daya jangkau pendidikan adalah:

  • pengambilan mata kuliah online oleh perguruan tinggi mitra melalui Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM). Penandatanganan kerja sama telah dilakukan diantaranya dengan Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Politeknik Negeri Madiun (PNM), dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN);
  • pengembangan mata kuliah nasional yang akan ditawarkan secara nasional untuk seluruh mahasiswa di perguruan tinggi;
  • membuka program studi S1 Pariwisata, S2 Studi Lingkungan, dan program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) & program Doktor Administrasi Publik (DAP) dengan sistem jarak jauh.

Selain itu, UT sedang mempersiapkan diri dan mengkaji amanah pemerintah yang mengarahkan UT untuk berganti status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

 

Dengan bersinergi, UT siap melangkah dengan pasti!