Kita Indonesia, Kita Pancasila

Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, masyarakat Indonesia perlu mengenang dan merefleksikan sejarah bangsa. Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno, berpesan bahwa sebagai bangsa yang besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah yang disebut dengan “JAS MERAH”. Hal ini dilakukan untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap Pancasila sebagai ideologi negara yang menjadi kebanggaan nasional.

Dalam suasana Ramadan, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Sabtu (01/06/2019). Tema yang diusung pada upacara kali ini adalah “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. bertindak selaku pembina upacara menyampaikan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Rektor UT menyerukan untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Pancasila sebagai pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagamaan kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Di akhir sambutannya, Rektor mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan berpesan untuk terus mengajak sanak saudara di kampung halaman untuk berkuliah di Universitas Terbuka karena asas pendidikan yaitu pendidikan sepanjang hayat. Hal ini juga mendukung peningkatan jumlah mahasiswa UT dan Angka Partisipasi Kasar (APK) yang dicanangkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Kita Indonesia, Kita Pancasila. #BulanPancasila2019