Sumber Daya Manusia Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter

Mewujudkan “SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”, adalah tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) selalu diperingati Universitas Terbuka (UT) dengan upacara bendera. Pada tanggal 2 Mei 2019, bertempat di pelataran parkir Gedung Fakultas dan Perpustakaan – Universitas Terbuka.

Dalam pidato Kemenristek, yang di sampaikan oleh Wakil Rektor II Universitas Terbuka Drs. Moh. Muzammil, M.M saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional pagi ini Upacara ini mesti menjadi momentum refleksi dan mengukur langkah kedepan, bagaimana pendidikan tinggi kita mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut. Perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Jumlah instansi pendidikan tinggi di Indonesia saat ini berjumlah 4.741. Namun, dengan penyelenggara sebanyak itu, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi kita pada tahun 2018 masih 34,58%. Artinya, masih ada sekitar 65% anak-anak usia kuliah tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi. Kita harus melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja. Dengan menyadari semakin tingginya harapan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada perguruan tinggi dalam memberikan pendidikan kepada generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif, dan inovatif di era disrupsi saat ini, maka perguruan tinggi Indonesia dituntut untuk ikut berevolusi dan didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi. Perguruan tinggi juga diharapkan berkontribusi dalam mensolusikan masalah sosial ekonomi bangsa ini.

Ada hal penting lainnya, kualitas manusia sebagai insan akademis berkaitan dengan pembangunan karakter, harus menjadi agenda prioritas bersama. Karakter manusia yang dibangun bercirikan dengan kemampuan menegakkan kebenaran, kejujuran, keadilan, kebajikan, tanggung jawab dan cinta tanah air. Mewujudkan karakter SDM yang kuat disertai dengan mental anti-koruptif menjadi agenda sangat strategis untuk mewujudkan SDM berkualitas yang disertai oleh etos kerja cerdas, yang dibangun sejak mahasiswa dan dicontohkan oleh dosen dan pengelola perguruan tinggi.

Di dalam rangkaian upacara tersebut, Wakil Rektor II Universitas Terbuka Drs. Moh. Muzammil, M.M juga berkesempatan menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai UT yang telah mengabdikan hidupnya selama 10 tahun sebanyak 38 pegawai, 20 tahun sebanyak 12 pegawai, dan 30 tahun sebanyak 63 pegawai yang telah mengabdi untuk negara.