AAOU Exchange Fellowship Program 2018

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan kerja sama antar-anggota Asian Association of Open Universities (AAOU), Universitas Terbuka pada tahun 2018 kembali menjadi tuan rumah AAOU Staff Exchange Fellowship Program. Setelah melalui serangkaian seleksi, panitia memilih Dr. Naveed Sultana dari Allama Iqbal Open University, Pakistan dan dan Dr. Meraz Ahmed dari Bangladesh Open University sebagai penerima Fellowship Program.

Pada acara pembukaan (Senin, 8/10/2018) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung LPPM Lantai 3, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D selaku Penanggung Jawab Bidang Protokol dan Urusan Internasional menyampaikan penjelasan singkat mengenai Universitas Terbuka. Dalam pertemuan itu, Dr. Naveed Sultana dan dan Dr. Meraz Ahmed memaparkan rencana penelitian mereka di hadapan para dosen dari keempat fakultas di UT. Pada kesempatan itu ditunjuk pula counterpart yang akan mendampingi kedua dosen tamu selama di UT.

Dr. Naveed Sultana mempresentasikan proposalnya yang berjudul “A Comparative Study of Allama Iqbal Open University (AIOU) and University of Terbuka Indonesia (UT) to Utilize MOOCs for the Professional Development of University Teachers” yang bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kesadaran dosen AIOU dan UT terhadap penggunaan MOOCs. Penelitian ini diharapkan dapat menganalisis penggunaan MOOCs guna pengembangan profesional oleh dosen AIOU dan UT, serta dapat menginvestigasi perilaku dan kesiapan dosen AIOU dan UT untuk training secara profesional kedepannya.

Presenter kedua, Dr. Meraz Ahmed menyampaikan proposal penelitiannya mengenai “MOOCs and Entrepreneurship Development: A Comparative Study on Bangladesh and Indonesia Perspective”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendalami pentingnya MOOCs bagi pengembangan bidang Kewirausahaan di Bangladesh dan Indonesia. Tujuan lainnya adalah mengetahui persepsi dosen pembelajaran terbuka dan jarak jauh, serta untuk mengidentifikasi pendekatan strategis yang efektif dalam pengembangan bidang Kewirausahaan menggunakan MOOCs. Melalui program ini, diharapkan dapat mengembangkan pendidikan jarak jauh yang berguna bagi UT, AIOU dan BOU.