UT Tuan Rumah Pertemuan Grup Peneliti 5 Kampus PJJ Asia Tenggara

Universitas Terbuka (UT) kembali menjadi tuan rumah kegiatan yang berskala internasional. Kali ini, UT berkesempatan menjadi tuan rumah untuk kegiatan rutin Open Universities 5 (OU5). Kegiatan yang bertajuk OU5 President and Research Group Meeting ini mengambil tema “Strengthening OU5 Research Collaboration and Partnership”. Wisma UT dipilih menjadi tempat kegiatan selama dua hari tersebut, 18-19 Juli 2018.

OU5 sendiri adalah sekelompok 5 perguruan tinggi di Asia Tenggara yang mengusung pendidikan jarak jauh (PJJ). 5 perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Terbuka, Open University of Malaysia (OUM), Sukhothai Thammathirat Open University (STOU), University of the Philippines Open University (UPOU), dan Hanoi Open University (HOU). Mereka sepakat membentuk sebuah organisasi yang bertujuan untuk saling berkolaborasi dalam berbagai kegiatan keilmuan. Kelompok ini secara rutin mengadakan pertemuan dalam rangka mengembangkan penelitian dalam berbagai bidang, seperti yang diadakan di dua hari tersebut.

20180718 OU5 President and Research Group Meeting

Pada pembukaan pertemuan ini, Rektor UT Prof. Ojat Darojat mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran para petinggi kampus-kampus tersebut beserta para peneliti. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan beberapa hal terkait tindak lanjut dari hasil pertemuan OU5 sebelumnya. Ia berharap, pertemuan 2 hari tersebut dapat membuahkan hasil yang baik di mana akan ada inovasi-inovasi penelitian yang dapat dilakukan bersama-sama.

Para petinggi kampus yang lain seperti, Prof. Dato' Dr Mansor Fadzil dari OUM, Prof. Chaiyong Brahmawong dari STOU, Dr. Melinda F. Lumanta dari UPOU, dan Assoc. Prof. Nguyen Mai Huong dari HOU juga mengungkapkan hal yang sama. Beberapa dari mereka mengungkapkan tren dan masalah pendidikan yang kini sedang terjadi dan apa langkah-langkah yang potensial untuk menjadi solusi. Dalam kesempatan tersebut, UT juga mengundang Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Dr. Muhammad Dimyati untuk memberikan pengarahan.