Rektor UT Berbicara PJJ di IPB

Bogor – Bertempat di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin, 4 Juni 2018, Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, Ph.D berbicara sebagai narasumber dalam kegiatan bertajuk Re-orientasi Kurikulum IPB bersamaan dengan acara penyerahan Memorandum of Understanding (MoU) antara UT dengan IPB dalam bidang online learning.

Sebanyak puluhan peserta hadir mengikuti kegiatan tersebut, termasuk para pimpinan, dosen, maupun para mahasiswa IPB yang sejak pagi hari sudah hadir dalam acara tersebut. Puasa Ramadhan tak menyurutkan niat para peserta untuk hadir mengikuti kegiatan lokakarya yang diadakan oleh IPB awal Juni ini.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria, SP, M.Si dalam sambutannya memuji UT yang telah menerapkan pendidikan jarak jauh, Ia juga menegaskan bahwa kerja sama melalui MoU merupakan bagian dari efisiensi kurikulum yang sangat dibutuhkan oleh IPB saat ini. “Oleh karena itu saya mengajak Rektor UT yang sekarang menjadi primadona, hampir semua Rektor lain datang ke UT utuk belajar bagaimana mengembangkan pendidikan online, karena UT paling berpengalaman”, ujar Arif.

Sementara itu, Rektor UT berbicara sebagai pemateri dengan memaparkan sekilas tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Rektor menjelaskan bagaimana UT membangun Infrastruktur di tiap-tiap daerah di pelosok negeri untuk menjangkau masyarakat agar menikmati pendidikan melalui PJJ. Rektor UT juga bercerita tentang pergeseran peminat pendidikan jarak jauh yang saat ini lebih banyak digemari kaum generasi muda.

Terkait penerapan online learning, Prof. Ojat juga menyampaikan bahwa, sebuah institusi dapat menerapkan online learning dengan melakukan integrasi antara resources and faculty serta harus sejalan dengan diberi pemahaman yang memadai sesuai karatekristik mata kuliah yang akan di online-kan. Kegiatan sesi pembicara di tutup dengan penyerahan MoU sekaligus pertukaran cinderamata antar kedua perguruan tinggi negeri tersebut.