Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi

Momentum kelahiran Pancasila 1 Juni dinilai tepat untuk membangkitkan kembali semangat persatuan serta sebagai dasar untuk mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi seperti apa yang disampaikan Bung Karno dalam pidatonya tanggal 1 Juni 1945. Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia hendaknya mencerminkan kepribadian Indonesia sehingga dapat pula mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk.

Universitas Terbuka (UT) mengajak civitas akademika untuk berperan serta melalui Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni dengan tema Bersatu, Berbagi, Berprestasi yang diikuti para pimpinan dan pegawai lingkungan UT pusat di Halaman Parkir Utara Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), pada Jumat, 1 Juni 2018. Upacara yang syarat dengan nuansa Ramadhan tidak menyurutkan langkah para karyawan UT untuk tertib mengikuti upacara.

Bertindak sebagai Pembina upacara Hari Lahir Pancasila yakni Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D. Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dibacakan Pembina Upacara, Rektor menyampaikan bahwa peringatan upacara harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Rektor juga menyerukan melalui sambutan Presiden RI kepada peserta upacara yang hadir, untuk terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers demi kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia serta meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan memperingati upacara hari Pancasila ini juga diharapkan seluruh komponen bangsa terutama generasi muda civitas akademika UT, dapat memperkokoh pemahaman pancasila, menumbuhkan Kecerdasan rakyat serta dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.