Sasar Materi Inovasi, Kemenag Kunjungi UT

Seperti terungkap dalam tagline-nya “Making Higher Education Open to All", layanan pendidikan Universitas Terbuka (UT) tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan fresh graduate, tetapi juga mereka yang sudah bekerja serta mereka yang terkendala waktu dan kesempatan. Membuka akses pendidikan tinggi bagi semua berarti membuka akses layanan UT bagi semua kalangan dengan berbagai modus, termasuk penyediaan layanan pendidikan secara online yang belakangan ini semakin populer. Oleh karena itu, UT kerap dikunjungi oleh berbagai institusi, termasuk instansi pemerintah seperti Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berkunjung ke UT pusat pada 27 April 2018 untuk mendapatkan pengalaman menyediakan layanan pendidikan secara online.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama di Ruang Sidang Wisma II UT pusat. Rombongan terdiri dari peserta diklat kepemimpinan Tk III angkatan LIV Kemenag RI.

20180427 Kunjungan Peserta Diklat Kemenag

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Moh. Muzammil menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dari Kemenag pagi itu. Ia berharap, hubungan Kemenag dan UT tidak berhenti sampai di sini tapi akan ada potensi kerja sama yang dapat menguntungkan kedua pihak. “Kami menyambut silaturahmi ini, dan jika dilanjutkan dengan kerja sama, kami menyambut dengan tangan terbuka.” ujar Muzammil.

Kepala Bidang Penyelenggara Diklat Aden Daenuri mengatakan salah satu tugas yang harus ia laksanakan adalah menyampaikan materi inovasi. Oleh karenanya ia memilih UT untuk menjadi destinasi kunjungan dalam rangkaian pelatihan ini. Ia juga berharap, ini menjadi awal dari hubungan yang lebih baik ke depan. “Saya kira sudah ada jalan ke sini. Sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Kementerian Agama bisa terlaksana.” tuturnya.

Acara ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab tentang PJJ di UT yang disampaikan oleh Tengku Eduard Azwar Sinar. Sebelum meninggalkan UT, mereka juga menyempatkan diri mengunjungi Pusat Pengembangan Multi Media dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar UT.