Jawab Tantangan Menteri, IPB Kunjungi UT

Tangerang Selatan -Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat kunjungan dari salah satu kampus ternama di Jawa Barat. Kali ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) berkunjung ke kantor pusat UT. Kunjungan studi banding ini merupakan langkah awal dalam rangka menjawab amanah Menristekdikti yang tengah menggalakkan pembelajaran daring. Rombongan IPB yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB disambut sendiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT Dr. Mohamad Yunus, M.A. beserta jajaran terkait.

Dalam kesempatan itu, Yunus dengan tangan terbuka menyambut langkah IPB tersebut. Ia menjelaskan bagaimana UT selama ini melayani kebutuhan pendidikan melalui sistem PJJ. Dalam hal ini bagaimana UT menerapkan pembelajaran daring. Ia juga menyampaikan bahwa UT siap untuk menjalin kerja sama dengan berbagai institusi terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran daring.

Sementara itu, menyambut apa yang disampaikan M. Yunus, Wakil Rektor Bidang Akademik IPB Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si. menyampaikan bahwa IPB sebagai institut yang menyelenggarakan pendidikan dengan sistem perkuliahan tatap muka, juga telah mulai mengembangkan perkuliahan daring. Namun, dengan wacana yang digagas Menristekdikti belakangan ini, IPB merasa tertantang untuk membuat sistem pembelajaran daring tersebut untuk lebih berkembang. Oleh karena itu, IPB berinisiatif untuk melakukan studi banding ke UT, dan ingin mengetahui sendiri bagaimana UT menjalankan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ini selama lebih dari 30 tahun.

Kunjungan IPB ke UT 2018

Seperti yang disampaikan Rektor UT di beberapa kesempatan, UT secara langsung ditunjuk oleh Menristekdikti untuk mendampingi universitas-universitas lain yang akan merancang PJJ melalui pembelajaran daring. Di UT sendiri telah menyediakan sistem yang siap untuk memfasilitasi mitra yang ingin menyelenggarakan pembelajaran daring. Dengan fasilitas ini, seperti yang diamanahkan oleh Menristekdikti, UT siap membantu universitas lain untuk memulai pembelajaran daring.