Bersama UT, Untirta Kembangkan Kuliah Daring

Indonesia kini tengah dihadapkan dengan tantangan era revolusi industri 4.0. Tak hanya sektor ekonomi, sosial, dan teknologi, namun sektor pendidikan kini juga mau tak mau harus dapat beradaptasi dengan era ini. Dalam menjawab tantangannya, Menristekdikti tengah menggalakkan cyber university dengan sistem e-learning atau online learning-nya. Beberapa universitas di Indonesia sedang dipersiapkan untuk menerapkan sistem tersebut.

Sementara itu, Universitas Terbuka (UT) ditunjuk pemerintah untuk menjadi fasilitator kampus-kampus tersebut untuk menerapkan sistem e-learning. Ini didasarkan atas latar belakang UT sebagai pelopor sistem pembelajaran jarak jauh yang menjadi dasar e-learning, dan telah menerapkannya sejak tahun 1984

Dalam penerapannya, UT akan bekerja sama dengan kampus-kampus tersebut dalam memperkenalkan, merancang, mengembangkan, hingga menerapkan e-learning. Salah satunya seperti yang dilakukan di Gedung Serba Guna UT, Tangerang Selatan, 15 Februari 2018. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berkunjung ke UT untuk mengikuti Pelatihan Pengembangan E-learning. Kedua universitas ini memang telah sejak lama menjalin kerja sama khususnya dalam pengembangan e-learning.

20180215 Pelatihan e-learning UNTIRTA

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor UT Bidang Akademik Moh. Yunus menyambut dengan hangat kedatangan para pejabat, dosen, dan tenaga kependidikan Untirta tersebut. Ia merasa UT dan Untirta telah berhubungan cukup lama sehingga ia merasa senang Untirta dapat berkunjung kembali ke UT. Terkait dengan e-learning yang sedang menjadi tren, ia menyampaikan bahwa e-learning sebenarnya bukan platform yang baru, dan mengutip apa yang dikatakan Bill Gates bahwa tren format pendidikan ke depan pasti di e-learning. Oleh karenanya, UT menyambut baik kehadiran Untirta dalam pengembangan e-learning-nya, hal ini sesuai dengan permintaan Menteri agar UT mempersiapkan perangkat support system bagi perguruan tinggi lain yang akan menyelenggarakan e-learning. Oleh karena itu, UT siap bersinergi dengan Untirta untuk bersama-sama mengembangkan e-learning.

Menyambut Wakil Rektor Bidang Akademik Fatah Sulaeman menyampaikan rencana Untirta yang akan segera menyiapkan sistem pembelajaran daring. Menurutnya Untirta tepat memilih UT sebagai salah satu langkah dalam pengembangan pembelajaran daring. Selanjutnya Untirta akan menindaklanjuti MoU yang sudah ditanda tangani sebelumnya. Ia berharap Untirta dan UT dapat terus saling bekerja sama dalam memfasilitasi kebutuhan pendidikan tinggi di masyarakat.