Wisuda Periode II Wilayah 1 Tahun 2017

“Saya berharap para wisudawan sebagai alumni UT untuk benar-benar secara konsisten dan konsekuen secara sistematik dan sistemik dalam kehidupan sehari-hari menularkan nilai-nilai keberagaman bhineka tunggal ika dan menegakkan serta memantapkan pancasila sebagai dasar negara kesatuan RI”. Itulah harapan dari sepenggalan sambutan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D pada kegiatan upacara wisuda periode II wilayah 1 tahun 2017. Dengan semangat tema “UT Memperkokoh Wawasan Kebangsaan” Rektor juga mengajak wisudawan agar aktif bersuara, memperjuangan dan mempertahakan serta menolak upaya pihak manapun untuk mengganti pancasila sebagai dasar negara.

Upacara wisuda yang diadakan pada Selasa, 9 Mei 2017 tersebut dihadiri oleh 817 wisudawan yang sejak pagi sudah memenuhi gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), selain wisudawan hadir pula pimpinan UT serta para tamu undangan yang ikut menyaksikan secara langsung momen kebahagiaan setiap mahasiswa pada salah satu puncak terbaik dalam menempuh studi di tingkat pendidikan tinggi.

Orasi ilmiah pada wisuda kali ini di sampaikan oleh Dr. Sugilar M.Pd. Beliau yang juga menjabat kepala UPBJJ-UT Jambi, menyampaikan orasi dengan judul yang sama dengan tema wisuda. Ada beberapa kesimpulan yang disampaikannya mengenai wawasan kebangsaan. Menurutnya, UT memiliki beberapa komponen dalam memperkokoh wawasan kebangsaan, salah satunya melalui program-program pendidikan tinggi jarak jauh yang berkualitas tinggi dan menjangkau yang tak terjangkau, termasuk wilayah-wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Setiap periode wisuda, UT secara rutin memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik dan tutor terbaik, penghargaan lulusan terbaik diberikan kepada Johns Alianson Purba dari UPBJJ-UT Jakarta, Rahayu Kusumawati dari UPBJJ-UT Surabaya dan Enik Nur Widayati dari UPBJJ-UT Yogyakarta. Sementara itu, penghargaan kepada tutor terbaik diberikan kepada Dr. Zulkarnaen, M.Pd dari UPBJJ-UT Pekanbaru dan Mohamad Jamaludin, SE. M.MPd dari UPBJJ-UT Sorong.