Era Digital Memanjakan Penggunanya

Wisuda adalah merupakan sebuah upacara dalam sebuah rangkaian akhir dari proses panjang setelah seseorang menempuh dan menyelesaikan studinya dalam sebuah perguruan tinggi. Acara tersebut berawal dari sebuah prosesi dengan masukknya pimpinan tertinggi perguruan tinggi atau yang mewakilinya, yang akan mewisuda para mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya.

Hari ini Selasa, 16 Mei 2017, Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. mewisuda para wisudawan sebanyak 620 mahasiswa. Wisuda periode II Wilayah 2, di gedung UTCC, Tangerang Selatan. Dalam acara tersebut Rektor, atas nama pribadi dan institusi mengucapkan selamat atas kelulusan, wisudawan pada jenjang diploma, sarjana dan magister pada bidang keilmuan masing-masing. Rektor juga menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan UT, setelah mengikuti tahapan perjuangan keras yang tak kenal lelah dan pantang menyerah selama menyelesaikan studi di UT. Ucapan tersebut, juga disampaikan kepada seluruh keluarga wisudawan yang ikut berperan aktif dalam membangun ketangguhan belajar dan keberhasilan para wisudawan.

Tema dalam acara wisuda kali ini Rektor UT. Tema tersebut sesuai dengan tema yang sudah didikusikan dalam seminar wisuda pada tanggal 15 Mei 2017 yaitu Literasi Informasi di Era Digital. Dalam acara ini Rektor mengajak hadirin untuk mencermati fenomena yang tengah menjadi isu penting tidak hanya di masyarakat Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia lainnya, yaitu mengenai Literasi Informasi di Era Digital.

Menurut Rektor, tema tersebut menjadikan kemampuan yang sangat penting di era media berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) diera digital elektronik. Era digital memanjakan pengguna. Orang dengan mudah, membuat, menerima, dan menyebarkan informasi. Namun informasi tersebut, belum tentu baik dan benar. Hal ini menjadi banjirnya informasi yang hadir dan melimpah di sekeliling kita. Informasi tersebut tersebar dalam berbagai format, teks, grafik/fotografi, animasi, audio, audio video. Dengan membanjir dan melimpahnya informasi yang datang dengan berbagai format kepada setiap individu harus dievaluasi, filter, konfirmasi otentisanya, validitasnya, dan realibilitasnya. Dalam rangka memecahkan masalah, mencari solusi, pengambilan keputusan, baik di bidang akademik, penelitian, dunia kerja bahkan aktivitas sehari-hari.

Dalam acara wisuda kali ini Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. memberikan orasinya tentang pentingnya Literasi Informasi Digital pada perguruan tinggi Jarak Jauh. Menurutnya, informasi dalam digital dengan mudah kita mendapat menyebarkan informasi. Hal ini terjadi karena banyak pemilik dan pengguna peralatan komunikasi elektronik yang semakin mudah dalam penggunaanya. Sedangkan informasi yang diterima belum tentu benar alias hoax. Paparannya, tidak jauh berbeda dengan paparan Rektor UT, yaitu mengajak masyarakat akademik dan para wisudawan untuk selektif dalam menerima dan menyeleksi, berbagai informasi yang masuk.

UT pada tiap periode wisuda, rutin memberikan penghargaan kepada lulusan dan tutor terbaik, Rahayu Kusumawati dari UPBJJ-UT Surabaya dan Enik Nur Widayati dari UPBJJ-UT Yogyakarta terpilih menjadi lulusan terbaik pada kesempatan kali ini, adapun penghargaan kepada tutor terbaik diberikan kepada Rosinani SE., M.Si dari UPBJJ-UT Banjarmasin dan Drs. Edi Sunarko, M.Pd dari UPBJJ-UT Mataram. Rangkaian wisuda pada periode kali ini juga dihadiri oleh ketua ikatan alumni UT (IKA-UT) Linda Gumelar.