Peresmian Gedung baru UPBJJ-UT Jambi oleh Gubernur Provinsi Jambi

Masyarakat di provinsi Jambi khususnya mahasiswa Universitas Terbuka (UT) berbahagia karena gedung layanan kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Jambi memiliki gedung baru, kini semakin megah dan indah. Suasana bahagia mengikuti acara peresmian Gedung Baru Kantor Unit UPBJJ-UT Jambi terpancar dari para undangan yang sebagian adalah masyarakat Jambi juga mahasiswa UT Jambi karena berkesempatan bertemu langsung dengan Rektor UT dan Gubernur Jambi.

Perhelatan yang diselenggarakan pada 8 Desember 2016 ini berlangsung di pagi hari yang cerah bertempat di gedung baru UPBJJ-UT Jambi yang terletak di Jalan Gajah Mada, Lebak Bandung, Jelutung, Jambi. Acara di kemas dengan adat budaya Melayu khas Jambi. Bunyi kompangan menyambut hadirnya Gubernur Provinsi Jambi H. Zumi Zola serta tarian persembahan.

Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed. Ph.D dalam laporannya menyampaikan bahwa UPBJJ-UT Jambi memiliki wilayah kerja meliputi 10 kabupaten kota yaitu Tanjab Timur, Tanjab Barat, Muaro Jambi, Batanghari, Tebo, Muaro Bungo, Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Jambi. Saat ini UPBJJ-UT Jambi memiliki mahasiswa aktif sebanyak 3.484 mahasiswa, dimana 40% diantaranya adalah para guru SD dan guru PAUD yang sedang mengabdi di sekolah-sekolah di seluruh Provinsi Jambi yang merupakan wilayah kerja UPBJJ-UT Jambi. Sedangkan yang 60% adalah mahasiswa yang menempuh di 24 program studi pada 4 fakultas FEKON, FISIP, FMIPA, FKIP dan Pasca Sarjana. Rektor berharap dengan adanya gedung baru UPBJJ-UT Jambi ini dapat membuat prestasi, baik oleh UPBJJ Jambi maupun oleh mahasiswa. Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan dari seluruh pegawai UPBJJ-UT Jambi kepada mahasiswa UT dan masyarakat, khususnya masyarakat Jambi dan daerah sekitarnya.

peresmian upbjj-ut jambi

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Jambi, Bapak H. Zumi Zola mengatakan bahwa acara peresmian gedung baru ini merupakan acara yang mengedukasi khususnya semangat mencerdaskan anak bangsa Indonesia. Gubernur Prov Jambi mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan gedung baru kantor UPBJJ-UT Jambi. Harapannya terhadap adanya gedung baru ini dapat mendorong angka rata-rata lama sekolah dan meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan mengenyam pendidikan berkualitas di Provinsi Jambi. Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui visi Jambi TUNTAS (Tertib Unggul Nyaman Tangguh Adil dan Sejahtera) 2021 secara berkesinambungan akan meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan. Pemprov juga akan memberikan beasiswa pendidikan untuk pelajar dari tingkat SMA sederajat hingga S3. Namun beasiswa yang diberikan tidak ingin sia-sia, harus bermanfaat di hari kemudian sehingga harus tepat sasaran sesuai dengan pekerjaan yang dijalankan. Pemprov Jambi berjanji untuk selalu bersinergi dengan UT dan dinas pendidikan provinsi untuk sama-sama memajukan pendidikan di Jambi.

peresmian_gedung_upbjj_ut_jambi

Setelah penandatanganan prasasti dilakukan pengguntingan pita ditandai dengan pelepasan balon dan bunyi sirene Gubernur diajak oleh Rektor UT dan Pembantu Rektor II serta dipandu oleh Kepala UPBJJ-UT Jambi Dra. Hartinawati M.Pd, untuk meninjau gedung dengan luas tanah 4.377 m2 dengan luas bangunan 1.476 m2. Berkeliling melihat bagian-bagin dari kantor UPBJJ-UT Jambi dimana fasilitas dan standard gedung sama dengan UPBJJ-UT lainnya yaitu memiliki ruang layanan mahasiswa, ruang tutorial, ruang ujian online, ruang video conference, ruang kepala dan staf, ruang-ruang pertemuan serta perangkat teknologi komunikasi dan informasi yang memadai. Penataan yang apik, kebersihan serta kenyamanan kantor UPBJJ-UT Jambi sangat dapat dirasakan oleh para tamu undangan yang ikut dalam peninjauan gedung ini.