Angkatan Pertama Mahasiswa Bidikmisi dan CSR Diwisuda

Tepat 1 bulan setelah Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-32, UT kembali mengadakan Wisuda dimana kali ini merupakan periode III tahun 2016. Wisuda yang dihadiri oleh calon wisudawan dari seluruh Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2016 bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Sejalan dengan tema Seminar Wisuda sehari sebelumnya, wisuda kali ini mengambil tema “Memperkokoh Jalinan Tripusat Pendidikan (Keluarga, Sekolah, Masyarakat) dalam Membangun Manusia Indonesia Seutuhnya”.

Yang menarik dalam wisuda kali ini adalah hadirnya wisudawan-wisudawati yang mempunyai prestasi membanggakan. Untuk pertama kalinya, UT mewisuda 35 mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi dan 125 mahasiswa penerima beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR). 6 mahasiswa diantaranya berhasil meraih IPK dengan predikat terpuji. Mereka adalah Robi Ari Wibowo (bidikmisi) dengan IPK 3,69; Siti Masruroh (bidikmisi) dengan IPK 3,65; Sucik Uswatun Khasanah (bidikmisi) dengan IPK 3,54; Abdur Rohman (CSR) dengan IPK 3,72; Yulia Anggraeni (CSR) dengan IPK 3, 72; dan Moh. Abdul Basir (CSR) dengan IPK 3, 72.

2016-10-4 Wisudawan dikukuhkan, Tutor Terbaik, Wisudawan Bidikmisi dan CSR

Setelah mengukuhkan para wisudawan, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. menyampaikan ungkapan bangga dan selamatnya kepada para wisudawan. Berkaitan dengan tema yang diusung pada wisuda kali ini, Rektor UT menekankan bahwa pembangunan sumber daya manusia terdidik tidak dapat berjalan baik tanpa peran serta keluarga, sekolah dan masyarakat. “Kita harus proaktif terlibat langsung dalam pembangunan sumber daya manusia ini. Caranya dimulai dari skala kecil, yaitu skala keluarga. Kita harus berkontribusi membantu sekolah dalam menjalankan program dan kebijakannya terkait dengan kualitas pendidikan.” tuturnya di hadapan ribuan wisudawan dan undangan yang hadir. Ia menambahkan, bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dapat dimanfaatkan dengan baik. Berlebihnya SDM Indonesia dalam usia produktif merupakan suatu peluang besar untuk dapat memajukan negeri ini. Rektor berharap momen wisuda ini tidak hanya menjadi kenangan indah yang pernah diraih, tetapi juga menjadi momentum untuk membulatkan tekad dan kesadaran untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di UT.

Ditengah rangkaian acara, Rektor UT secara langsung juga memberikan penghargaan kepada 2 tutor berkinerja terbaik yang selama ini telah memfasilitasi mahasiswa UT belajar. Pemilihan tutor terbaik tersebut dilakukan dengan berbagai kriteria terutama bagaimana mereka memberikan pelayanan pendidikan kepada mahasiswa UT.