Pelaksanaan AAOU Inter-University Staff Exchange Fellowship Program Tahun 2016

Association of Asian Open Universities (AAOU) Inter-University Staff Exchange Fellowship Program(AAOU-EFP) merupakan salah satu program dari asosiasi universitas terbuka dan jarak jauh se Asia yang memberikan peluang pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh dan meningkatkan kapasitas dari anggota AAOU melalui kegiatan penelitian kolaborasi dan kunjungan staf. Setiap institusi anggota AAOU dapat menjadi tuan rumah (donor) program EFP dengan menawarkan satu atau dua dosen/staf dari institusi anggota AAOU (penerima) untuk mendapatkan pelatihan, melakukan penelitian serta publikasi bersama di insitusi donor selama paling lama satu bulan.

UT sebagai salah satu anggota AAOU telah berpartisipasi dalam program ini sejak beberapa tahun, Setiap tahun UT menyediakan dua beasiswa bagi dosen institusi untuk melakukan penelitian bersama antara dosen tamu dengan dosen UT. Proposal calon dosen tamu yang diterima oleh UT akan direview, dinilai dan dilakukan seleksi. Dari kegiatan EFP ini akan dihasilkan laporan penelitian bersama dan artikel untuk publikasi dalam jurnal internasional

Dosen tamu

Tahun ini UT menerima dan meloloskan satu proposal penelitian Dr. Tahira Bibi dari Alama Iqbal Open University (AIOU), Pakistan. Topik penelitiannya adalah quality assurance dengan judul A Comparative Study of Quality Assurance Practice in Open Distance Learning (ODL) at Allama Iqbal Open University, Pakistan & Universitas Terbuka, Indonesia. Program EFP tahun ini berlangsung selama dua minggu, mulai tanggal 29 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 10 September 2016.  Pada tanggal 30 Agustus 2016 dilaksanakan acara penyambutan yang dipimpin oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Ka. LPPM) dan dihadiri oleh perwakilan fakultas dan dosen pendamping. Setelah hampir dua minggu melakukan pengumpulan serta pengolahan data didampingi para staf akademik UT yang menjadi counterpart nya, Dr. Tahira Bibi mempresentasikan hasil penelitiannya dalam sesi penutupan program AAOU-EFP yang dihadiri oleh Ka.LPPM- UT, Ir. Kristanti Ambar Puspitasari.,M.Ed.,Ph.D., Dr Trini Prastati,M.Pd .,Koordinator Protokoler Pusat Humas dan Urusan Internasional (PUSHUI), Suci M. Isman, Ph.D.; Koordinator Program Asean Studies, Dr.Tri Darmayanti; para Pembantu Dekan dan para staff edukatif lainnya.