Kunjungan Kerja Perpustakaan Nasional RI ke UT

Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) yang sudah diakui baik di dalam negeri dan juga dunia. Sejak didirikan pada tahun 1984, penyelenggaraan pendidikan di UT yang menerapkan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) telah memungkinkan semua Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang berdomisili di berbagai belahan Indonesia, maupun di luar negeri mengikuti pendidikan tinggi tanpa terkendala geografis, jarak, waktu, dan bahkan limitasi finansial.

Pada Rabu, 07 September 2016, UT kembali menerima kunjungan kerja dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. Rombongan yang berjumlah 9 orang tersebut, dipimpin oleh Kasubbid Pengajaran Pusdiklaklat Perpusnas, Ahmad Muslim, Spd., Mp. Dan kunjungan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pengembangan E-Learning Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI.

kunjungan_perpusnas

Dalam kesempatan tersebut, para peserta kunjungan kerja Perpusnas RI diterima di Ruang Sidang LPBAUSI-UT lantai 4 oleh plh. Ketua Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian, dan Sistem Informasi (LPBAUSI) -UT, Kepala Pengembangan Antar Universitas (PAU-UT), Kepala Puslata, dan Koordinator Protokoler dan Urusan Kerjasama Internasional. Acara dibuka oleh Ir. Mochamad Priono, M.Si. yang menyampaikan penjelasan sekilas tentang UT. Dimas Agung Prasetyo, S. Kom., M.Sc selaku Penanggung Jawab Pengembangan Dan Aplikasi Program pada Pusat Komputer turut memaparkan tentang sejarah perkembangan E-Learning UT, serta berbagi pengalaman UT dalam merancang sistem UT online yang terintegrasi mulai dari memproduksi bahan ajar, mendesain tutorial, menyiapkan berbagai sumber belajar pendujung, serta menilai proses pembelajaran.

Kunjungan kerja karyawan Perpusnas RI tersebut diselingi dengan tanya jawab dari beberapa karyawan Pusdiklat Perpusnas yang sangat antusias mengenai E-Learning untuk pembuatan pedoman penyelenggaraan Diklat Online. Kunjungan diakhiri dengan mengunjungi 2 Unit yang ada di UT Pusat yaitu Kantor Pusat komputer (PUSKOM) dan Pusat Produksi Multi Media (P2M2).