Semarak Mengepul Menyambut 32 Tahun UT

Pagi ini (16/8) di Universitas Terbuka (UT) kantor pusat, kepulan asap memenuhi setiap sudut kawasan danau UT. Suasana ramai dan heboh pun tak elak dipancarkan dari wajah-wajah orang yang berada di kawasan itu. Tapi tunggu dulu, asap tersebut bukanlah karena kebakaran yang sedang terjadi, melainkan dari ratusan ikan yang dibakar dalam acara lomba memasak ikan di kawasan tersebut. Suasana ramai dan heboh itu juga dikarenakan antusiasme peserta yang tinggi pada acara tersebut. Tak hanya memasak ikan yang dilombakan pagi itu, memancing dan menghias stan menjadi hal yang juga dikompetisikan.

Lomba Mancing, Hias Stan, dan Masak 2016-8-16

Ratusan orang memadati area danau yang mempunyai luas 1,3 Ha tersebut. Acara ini memang merupakan acara tahunan dalam rangkaian Dies Natalis UT yang diminati tak hanya oleh warga UT tapi juga mitra UT. Untuk membuat acara lebih semarak, berbagai hadiah disediakan bagi pemenang lomba memasak ikan dan menghias stan. Lomba memancing juga tak kalah meriah, hampir tak ada ruang kosong ditepian danau UT. Sepanjang tepian danau dipadati oleh peserta dengan joran disamping mereka hingga menjelang sore hari.

Lomba memancing tersebut memang menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Pasalnya, selain tidak membutuhkan retribusi untuk menjadi peserta, hadiah yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Lebih daripada itu, mereka dapat membawa pulang hasil tangkapannya. Tak ayal, banyak dari peserta membawa pulang hingga berkilo-kilo ikan. Bagi mereka, acara yang diawali dengan pelepasan ikan oleh Rektor tersebut, menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan hobi dan melepaskan penat.