Peminat UT Meningkat di UMB-PT 2016

Pentingnya melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang Perguruan Tinggi makin terasa meningkat di kalangan masyarakat. Para lulusan SMU sederajat mulai sibuk membidik Universitas pilihannya dari berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) merupakan salah satu jalur masuk bagi para lulusan SMU sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. UMB-PT ini diadakan serentak dan bertempat di 14 perguruan tinggi. Universitas Terbuka (UT) sendiri kembali menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan UMB-PT tahun ini, yang dilaksanakan pada 24 Juli 2016. Ujian UMB-PT di UT dilaksanakan serentak di 3 wilayah Indonesia meliputi Jakarta, Pontianak, dan Bengkulu dengan jumlah peserta mencapai 1574 peserta. Di Jakarta, tempat ujian UMB-PT tersebar di 8 titik, diantaranya UT Pusat Pondok Cabe yang bertempat di Univesitas Terbuka Convention Center (UTCC), SMA 22 Jakarta, SMK 5 Jakarta, SMP 74 Jakarta, SMP 3 Cikarang Utara Bekasi, dan UPBJJ-UT Jakarta.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi UMB-PT di UTCC 2016

Universitas Terbuka hadir menjadi salah satu pilihan Perguruan Tinggi bagi para peserta UMB-PT. Antusiasme masyarakat untuk memilih UT tahun ini terasa meningkat dari sebelumnya, sebanyak 604 Program Studi UT dipilih para peserta UMB-PT 2016. UT menawarkan beasiswa bagi para peserta yang lolos seleski dengan pilihan 11 Program Studi dari 3 Fakultas, FMIPA, FISIP, dan FEKON.

Sistem belajar mandiri yang diterapkan UT menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta UMB-PT, seperti yang diungkapkan Arbi Fajar Pramudia peserta ujian UMB-PT di Jakarta yang memilih 3 program studi UT sebagai pilihan pertama, kedua, dan ketiga, yakni Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Komunikasi, “Saya dapat rekomendasi dari orang tua saya. Setelah saya tau ternyata UT punya sistem belajar yang sesuai dengan kondisi saya saat ini, dan biayanya juga terjangkau. Makanya saya pilih UT di tiga pilihan pertama”.

UT yang merupakan satu-satunya PTN yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh , akan terus berusaha meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi masyarakat. Semoga UT tetap menjadi pilihan di tahun berikutnya.