Meningkatkan Sportivitas untuk Membangun Negeriku

Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni (Disporseni) merupakan upaya memfasilitasi pengembangan bakat dan minat yang dimiliki mahasiswa, dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama mahasiswa. Universitas Terbuka (UT) kembali menyelenggarakan kegiatan Disporseni untuk Wilayah Tengah tahun 2016 yang berlangsung mulai tanggal 27 – 30 Juli. Pembukaan Disporseni berlangsung sangat meriah, 240 mahasiswa dari 16 kantor perwakilan (UPBJJ-UT) di Indonesia berkumpul, bergembira, dan berkompetisi dalam suasana keakraban yang luar biasa. Kali ini dipertandingkan 8 cabang yaitu Diskusi Ilmiah, Pewara, Media Presentasi, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Catur, Tari, Nyanyi . Acara pembukaannya sendiri digelar di lapangan Asrama Haji Donohudan, Surakarta.

Diiringi marching band dari Angkatan Udara Lanud Adi Sumarmo, pembukaan didahului defile dari 16 kontingen UPBJJ-UT yaitu Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Malang, Jember, Surabaya. Pembukaan Disporseni didahului dengan defile dari masing-masing kontingen dengan kostum daerah, dan memberi hormat kepada para tamu undangan dengan yel-yel yang menawan.

Dalam sambutannya Rektor UT Prof. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan Disporseni UT menjadi agenda penting karena sejumlah tujuan yang diupayakan tercapai yaitu, pertama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang pengembangan minat, bakat serta kreatifitas, kedua membangun dan membina komunikasi antar mahasiswa UT, ketiga meningkatkan penyebaran informasi dan promosi tentang UT, dan keempat meningkatkan pemahaman wawasan lintas budaya dan kecintaan terhadap kesatuan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Beliau pun yakin bahwa nilai-nilai kejujuran dan spotivitas tidak hanya akan bergelora pada acara Disporseni saja, tetapi akan terbawa pada kehidupan sehari-hari ketika pulang kembali ke daerah masing-masing. Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bakorwil II JATENG, Drs Budiyanto Eko Purnowo, M.Si., mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Disporseni danberharap acara ini dapat menjadi dorongan untuk mendayagunakan momentum ini sebagai upaya meningkatkan jaringan, keakraban, kebersamaan dan persaudaraan serta membangun jejaring positif antar mahasiswa UT. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bakorwil II JATENG beserta Rektor UT.

Buktikan sebagai mahasiswa jarak jauh prestasi akademis maupun di bidang seni dan olah raga dapat dibanggakan. Ukir Prestasi, sematkan disetiap dada jiwa pemenang.

Siapa bilang belajar jarak jauh tidak punya teman dan membosankan?.