UT Komitmen Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Tepat sehari setelah pelaksanaan Seminar Wisuda yang mengambil tema “Membangun Pelajar Berkarakter dan Bebas dari Penyalahgunaan Narkoba” dengan menghadirkan pembicara langsung dari Pimpinan BNN dan dengan semangat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, UT menggelar kegiatan wisuda yang dilaksanakan pada selasa 3 Mei 2016 bertempat di gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Peserta yang hadir merupakan wisudawan berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Wajah ceria tampak menyelimuti para wisudawan terpilih yang berjumlah 1.127 wisudawan.

Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.d, dalam pidatonya mengatakan Indonesia saat ini sedang dalam kondisi darurat narkoba. Menurutnya, terjadi penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan pelajar merupakan tanggungjawab bersama, seperti pemerintah, media massa, keluarga, orang tua, sekolah, dan masyarakat. Program pencegahan berbasis sekolah (school-based prevention) merupakan bagian yang penting dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pencegahan berbasis sekolah ini lebih mudah dilaksanakan karena sekolah lebih berstruktur sehingga dapat diadakan pengawasan secara komprehensif dan terpadu. Pelaksanakan pendidikan dan pencegahan di sekolah dapat dilakukan melalui kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler dengan cara menyisipkan pengetahuan atau materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

wisuda periode II wilayah 1 2016

Universitas Terbuka sebagai satuan pendidikan tinggi telah berkiprah dalam mengedukasi dan melakukan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Dalam acara Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB), UT menyisipkan materi tentang Anti Narkoba dan Anti Korupsi. Selain itu, dalam laman Guru Pintar Online (GPO), UT akan melengkapi dengan Kit Pendidikan Anti Narkoba. Rektor mengatakan UT berkomitmen untuk menjadi salah satu agent of change dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dan berpesan kepada seluruh wisudawan agar bersama – sama bahu membahu menjadi hero dalam melakukan pencegahan narkoba.

Pada kesempatan tersebut, Aulia Keiko Hubbansyah (wisudawan Prodi Magister Manajemen Bidang Minat Keuangan) terpilih menjadi lulusan terbaik pada acara wisuda kali ini. Di samping itu, peran tutor UT kepada mahasiswa dinilai sangatlah penting sehingga tanpa ragu, UT memberikan penghargaan kepada tutor terbaik yang terpilih yakni Drs. H. Bambang Gulyanto, SH, M.Pd dari Medan dan Dra. Hj. Irma Suryani, M. Pd dari Jambi.