Mewujudkan Generasi Emas Berkarakter Ke Indonesiaan

Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk masyarakat pembelajar yang berkarakter. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya seminar bertema “Pembelajaran Inspiratif Mewujudkan Generasi Emas Berkarakter ke Indonesiaan”. Tema tersebut disampaikan Dr. Maximus Gorky Sembiring, M. Sc., Dosen Senior Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UT) sekaligus sebagai Kepala UPBJJ Layanan Luar Negeri dihadapan ribuan mahasiswa UT calon wisudawan/wisudawati. Kegiatan ini dirasa penting disampaikan kepada calon lulusan UT pada wisuda kali ini mayoritas berlatar belakang guru, untuk membekali pengetahuan yang diharapkan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dalam mewujudkan generasi emas berkarakter.

 Temu Wicara dan Seminar Wisuda Periode II Wil 2

Gorky memberikan tips untuk membantu guru sebagai pendidik inspiratif mengupayakan pembelajaran yang juga inspiratif dengan harapan hasil pembelajaran mampu mengembangkan anak didik, sehingga selain jujur dan rajin, juga cerdas ditandai dengan karakter ke Indonesiaan yang utuh; bukan jujur tetapi tersungkur, bukan cerdas tetapi culas. Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan cerdas adalah ketika anak didik yang belajar bisa menyeimbangkan empat unsur utama kecerdasan yang dimiliki, yakni kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan kinestetis. Menurutnya, langkah aplikatif yang dapat dilakukan dalam memberikan pembelajaran yang inspiratif untuk anak didik adalah dengan mengenali cara kerja otak, memperhatikan gaya belajar, mengamati pola adopsi informasi, menguasai ranah proses penyampaian, sintesiskan eksistensi diri, mensinergikan naluri, serta membulatkan batin. Materi yang disampaikan menarik oleh Gorky ini memunculkan respon dari mahasiswa dalam menyampaikan tanggapan maupun pertanyaan.

Gorky menyampaikan, guru merupakan pendidik dan ujung tombak membangun generasi emas Indonesia, maka guru sebagai pendidik diharapkan kompeten baik dalam hal pedagogic, sosial, kepribadian, dan profesional. Dengan demikian melalui seminar ini diharapkan guru dan mewujudkan generasi-generasi emas yang memiliki karakter ke Indonesiaan.

Seminar yang digelar di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Senin 23 Mei 2016 ini sebelumnya didahului Temu Wicara mengenalkan jajaran pejabat UT kepada mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Temu wicara ini juga sebagai ajang menampung aspirasi, saran dan mendengar cerita mahasiswa selama mengikuti pembelajaran di UT. Salah seorang mahasiswa yang berasal dari UPBJJ UT Pontianak, Felix, dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang saat ini masih menjalani studi di UT. Felix bercerita, diusianya yang tidak lagi muda serta mengalami sakit stroke selama beberapa tahun terakhir, ia mampu lulus S2 dengan tepat waktu. Temu wicara ini selain menjadi penyambung silaturahmi, juga diharapkan menjadi sarana evaluasi UT dalam meningkatkan pelayanan pendidikan untuk masyarakat Indonesia.