BNN : Wisudawan UT Punya Peran Berantas Narkoba

Sebanyak 1.650 mahasiswa berprestasi dari berbagai daerah datang ke Universitas Terbuka Pusat, Senin-Selasa, 2-3 Mei 2016. Mereka diundang untuk melaksanakan prosesi wisuda periode II di kampus pimpinan rektor Prof. Tian Belawati, Ph.D. tersebut. Seminar Wisuda dan Temu Wicara, merupakan rangkaian wisuda yang harus diikuti oleh para calon wisudawan. Seminar Wisuda bertema “Membangun Pelajar Berkarakter dan Bebas dari Penyalahgunaan Narkoba” ini menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Bachtiar Hasanudin Tambunan, SH, MH.

Seminar yang dipandu Ake Wihadanto, SE, MT diadakan untuk membekali wawasan para wisudawan mengenai permasalahan narkoba di Indonesia yang sudah dinyatakan darurat narkoba. Irjen Pol Bachtiar memaparkan, jenis narkoba yang masuk ke Indonesia semakin beragam dengan berbagai modus dilakukan. Diantaranya melalui kue brownis yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan demikian ia menegaskan agar masyarakat lebih waspada akan penyebaran narkoba tersebut. Irjen Pol Bachtiar juga mengingatkan, tugas memberantas penyalahgunaan narkoba bukan hanya oleh BNN atau Polri saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat termasuk wisudawan UT, harus turut serta mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ditekankan bahwa masyarakat harus ikut berperan dalam masalah narkoba. Termasuk para wisudawan UT ini diharapkan dapat berperan melakukan pencegahan narkoba setidaknya di lingkungan masing-masing.” Papar Irjen Pol Bachtiar.

Seminar Wisuda Periode II Wilayah I 2016

 

Irjen Pol Bachtiar menuturkan dan menitipkan khususnya kepada para pendidik/guru untuk dapat melakukan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar seperti keluarga terutama kalangan pelajar, karena pencegahan dini di kalangan pelajar diperlukan untuk membangun karakter agar tidak mudah terjerumus narkoba di masa mendatang. Masyarakat yang peduli dan berperan melakukan pencegahan, menurutnya telah membantu BNN melakukan program P4GN, yakni Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba.

Temu Wicara Bersama Rektor

Sebelum seminar wisuda, para mahasiswa bertemu dengan rektor UT dan para pengelola UT lainnya di acara Temu Wicara. Acara ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa dengan rektor serta jajarannya. Pada kesempatan tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk berbagi masukan, saran, kritik, atau cerita menarik selama menempuh pendidikan di UT sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas UT.

Dalam sambutannya, rektor UT mengatakan UT sebagai institusi pendidikan akan selalu belajar dan terus mengembangkan sistem pelayanan pendidikan. Menurutnya, saat ini layanan online UT semakin komprehensif sehingga semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada mahasiswa.