Bayar Kuliah UT; Praktis, Aman, dan Nyaman

Kemudahan akses layanan pendidikan bagi masyarakat dewasa ini telah menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh suatu institusi perguruan tinggi. Tak terkecuali dalam hal pembayaran biaya pendidikan, sistem yg terintegrasi dengan internet melalui institusi-institusi mitra termasuk bank sedang menjadi tren saat ini. Kemajuan teknologi tersebut memungkinkan pengguna tidak perlu repot-repot datang ke suatu tempat dan waktu yang ditentukan untuk melakukan pembayaran.

Universitas Terbuka (UT) sendiri dengan mahasiswa yang berlatar belakang sangat beragam, mempunyai cara tersendiri dalam memberikan kemudahan akses layanan pendidikan tersebut. Untuk lebih memberikan kemudahan pembayaran biaya pendidikan mahasiswa, selain bekerja sama dengan bank-bank mitra seperti Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), serta Pos Indonesia, kini UT dan BTN bekerja sama dengan Alfa Group untuk menyediakan fasilitas pembayaran biaya pendidikan bagi mahasiswa UT. Kerja sama ini ditandai dengan acara penandatanganan nota kesepahaman antara UT dan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Alfa Group) bebarengan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara UT dan BTN pada 2 Mei 2016 bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Pembantu Rektor IV UT Dr. Mohamad Yunus, M.A., Managing Director IT BTN Adi Setianto, dan Human Capital Director Alfa Group Tri Wasono Sunu, serta disaksikan oleh Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed. Ph.D.

Penandatanganan_MoU&PKS_UT_dgn_BTN&Alfa

Ke depan, kerja sama ini memungkinkan mahasiswa UT untuk dapat membayar biaya pendidikan di 12.000 gerai Alfa Group yang meliputi Alfamart, Alfamidi, dan Lawson di seluruh Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa UT hanya perlu datang ke salah satu gerai Alfa Group dengan membawa No. Billing yang didapat setelah mendaftarkan diri, kemudian petugas kasir akan mengkonfirmasi data mahasiswa yang akan dibayarkan. Mahasiswa UT dapat melakukan pembayaran secara tunai melalui kasir di gerai Alfa Group tersebut dan menerima bukti pembayaran sebagai tanda bahwa biaya pendidikan untuk semester terkait telah lunas. Sistem UT nantinya akan secara otomatis mengetahui bahwa mahasiswa tersebut telah melunasi biaya pendidikan. Praktis, layanan yang direncanakan mulai aktif Juni ini akan mempermudah dan menambah variasi pilihan cara pembayaran biaya pendidikan bagi mahasiswa UT di mana saja dan kapan saja.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed. Ph.D. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BTN atas kerja sama yang selama ini telah berlangsung dengan baik dalam bentuk fasilitas pembayaran biaya kuliah dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa UT, juga kepada Alfa Group atas kerja sama yang akan dijalin. Menurut Rektor UT, Alfa Group dipilih karena penyebaran gerainya yang luas sampai ke pelosok negeri sebagaimana penyebaran mahasiswa UT. Rektor berharap, ke depan UT dan Alfa Group dapat terus bersinergi dengan baik dalam berbagai aspek seperti pemberian beasiswa bagi mahasiswa UT sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Alfa Group.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama tersebut digelar selepas rangkaian acara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Pembukaan Rangkaian Acara Dies Natalis UT yang ke-32, dan Seminar Wisuda Periode II Wilayah 1 tahun 2016. Melalui kerja sama ini UT berkomitmen untuk terus menerus memberikan layanan pendidikan berkualitas sejalan dengan perkembangan jaman yang kian hari semakin maju dan praktis.