Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif

Kualitas sebuah bangsa tidak pernah terlepas dari kualitas pendidikannya, pendidikan mengemban peran penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing dengan negara lain. Oleh karena itu untuk menyambut MEA, wawasan pengetahuan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, inovatif dan kompetitif dalam menghadapi tantangan maupun perubahan-perubahan yang akan terjadi di dunia pendidikan mendatang.

Pada hari ini tanggal 02 Mei 2016 bertempat di Lapangan Parkir Samping Utara UTCC, UT memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan upacara bendera resmi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat Hardiknas tahun ini bertemakan “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”. Hardiknas adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan Pendiri sekolah Taman Siswa.

Hardiknas 2016

Sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir yang dibacakan oleh Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. yang juga selaku Pembina Upacara memaparkan bahwa untuk mewujudkan cita – cita pembangunan pendidikan tinggi di indonesia maka dibutuhkan kerjasama antar institusi pendidikan tinggi, institusi riset, sektor industri dan swasta, unit pemerintahan, serta pemangku kepentingan lainnya untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi secara nyata dalam proses reformasi pendidikan tinggi agar menjadi pendidikan tinggi yang inovatif dan kompetitif.

Rektor UT menambahkan amanat dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bahwa UT sudah menjalankan hal-hal yang diamanatkan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UT telah berupaya sekuat tenaga meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat indonesia dengan kehadirannya menjangkau pendidikan di seluruh pelosok tanah air dan bahkan yang berdomisili di luar negeri. Dan dalam upaya agar lebih kompetitif di Era Globalisasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), UT terus memacu dan menyempurnakan kualitas pelayanan pendidikan dan mengimplementasikan sistem jaringan kualitas dengan sangat komprehensif.

Pada upacara bendera kali ini peserta yang hadir tidak hanya berasal dari para Pejabat dan Pegawai di Lingkungan UT saja, namun dihadiri pula oleh Mahasiswa Calon Wisudawan dimana pada kesempatan dan waktu yang sama akan mengikuti kegiatan seminar wisuda dan temu wicara, serta Upacara Hardiknas ini juga bertepatan dengan Pembukaan Rangkaian Dies Natalies UT ke 32.

“ Selamat Hari Pendidikan Nasional !”