Australia Puji Universitas Terbuka

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengunjungi Universitas Terbuka (UT) pada Selasa, 26 April 2016. Kunjungan itu bagian dari agenda Kedutaan Besar Australia untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di bidang pendidikan. Grigson menyatakan Universitas Terbuka merupakan salah satu kampus negeri di Indonesia yang memiliki fasilitas pendidikan berkualitas baik. Grigson juga mengatakan UT menjadi role model dalam hal menerapkan pendidikan terbuka dan jarak jauh. Hal ini diungkapkan Grigson usai melakukan syuting di studio yang berada di Unit Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2).

Kunjungan Dubes Australia Paul Grigson ke Universitas Terbuka

“Saya sangat terkesan pada kunjungan kali ini ke UT. Pertama, fasilitas multi media UT memiliki kualitas yang sangat baik. Kedua, sarana teknologi komunikasi juga memiliki kualitas yang bagus. Saya bisa berbicara dengan mahasiswa dan kalangan akademik di seluruh Indonesia. Mereka juga sangat antusias bertanya kepada saya.” Papar Grigson usai melakukan rangkaian acara Video Conference (vicon) di Unit Pusat Komputer (Puskom) UT. Vicon tersebut melibatkan mahasiswa dan akademisi dari 10 Unit Program Jarak Jauh (UPBJJ) UT yang tersebar di seluruh Indonesia. Kesan Grigson setelah melakukan vicon pun disampaikan melalui akun Twitternya di @DubesAustralia. “Who says you can’t be in 10 places at once? You can when you chat with @UnivTerbuka students by video-conference!”

Dubes Australia bersama Pejabat UT

Grigson menambahkan, hubungan Australia dan Indonesia sangat unik dan pasang surut. Dengan demikian, Grigson menuturkan keberadaan Kedutaan Besar Australia di Indonesia menjadi tempat strategis sebagai jembatan dalam meningkatkan hubungan yang baik bagi kedua negara bertetangga ini.

Vicon_Dubes_Australia_dengan_10_UPBJJ-UT_20160426

Grigson juga memaparkan program-program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah di Australia. Grigson menyebutkan terdapat tiga program beasiswa yang disiapkan Australia, meliputi beasiswa Australian Government, University Scholarship, dan beasiswa dari pemerintah Indonesia Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) dan Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dubes Australia dengan Mahasiswa UT

Kunjungan Dubes Australia ke UT disambut  jajaran petinggi UT, diantaranya Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati, Pembantu Rektor III Dr. Aminudin Zuhairi, M.Ed., dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D. Grigson mengunjungi 2 unit yang berperan penting dalam pemberian layanan pendidikan di UT, yaitu Pusat Komputer dan Pusat Pengembangan Multi Media.