Melalui Hibah Tanah, Pemkot Sorong Dukung Pendidikan di UT

Pemerataan pendidikan tinggi dewasa ini merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi Indonesia. Kurangnya ketersediaan akses pendidikan tinggi yang menjangkau hingga pelosok akan sulit terpecahkan tanpa adanya campur tangan pemerintah khususnya pemerintah daerah setempat. Untuk itu, sebagai dukungan penuh terhadap Universitas Terbuka (UT) dalam memeratakan pendidikan bagi semua kalangan tanpa batas dan peran aktif pemerintah dalam dunia pendidikan tinggi, Pemerintah Kota Sorong menghibahkan sebidang tanah kepada UT yang ditandai dengan acara penandatanganan dan penyerahan pada 4 Februari 2016 lalu di kantor walikota Sorong.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Sorong, Ketua DPRD Kota Sorong, Rektor UT, Pembantu Rektor II UT, Kepala UPBJJ-UT Sorong, dan sejumlah pejabat terkait. Walikota Sorong Drs. Ec Lambert Jitmau, M.M., dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa melalui penyerahan aset ini, UT dapat terus memberi kontribusi dalam mengembangkan dunia pendidikan di Papua Barat, khususnya di Kota Sorong.

Tanah bertempat di Jln Basuki Rahmat Km. 11 yang sebelumnya merupakan gudang farmasi tersebut mempunyai luas 3,993 m2. Nantinya, tanah ini akan dipergunakan untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh di UPBJJ-UT Sorong.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D juga menyampaikan bahwa pemberian hibah tanah ini merupakan modal besar bagi UT untuk pembangunan kantor UPBJJ-UT Sorong. Hal ini merupakan bukti komitmen UT dalam mengembangkan pendidikan dan SDM di Papua Barat, serta upaya UT dalam meningkatkan kualitas SDM setempat. Pembangunan gedung tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas berupa kantor UPBJJ-UT Sorong, ruang tutorial, dan aula. Fasilitas ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mendapatkan pelayanan pendidikan yang lebih berkualitas. Diperkirakan kantor UPBJJ-UT Sorong sudah dapat diresmikan dan difungsikan pada pertengahan 2017. Selain itu Rektor UT menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Sorong yang memberikan dukungan penuh, dalam hal ini melalui bantuan hibah tanah sehingga kantor UPBJJ-UT Sorong dapat menjadi wahana belajar bagi mahasiswa UT di wilayah Papua Barat.