Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Kembali Dipercaya Menjadi PR IV UT

Pada penghujung tahun 2015 ini, Rektor Universitas Terbuka (UT) kembali melantik satu pejabat di lingkungan UT untuk menempati jabatan fungsional di lingkungan UT dan melaksanakan tugas serta kewajiban yang dibebankan kepadanya. Berdasarkan Keputusan Rektor UT nomor 9396/UN31/KEP/2015 tanggal 10 Desember 2015, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. dipercaya untuk menjabat sebagai Pembantu Rektor IV (PR IV) UT masa jabatan 2015-2019. Pelantikan tersebut diselenggarakan pada 16 Desember 2015 di gedung Pusat Jaminan Kualitas (PUSMINTAS) kantor UT pusat. Jabatan PR IV untuk masa jabatan 2015-2019 ini merupakan periode ke II bagi Yunus, mengingat dia juga telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai PR IV pada masa jabatan 2011-2015.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D menyampaikan ucapan selamatnya kepada Yunus atas terpilinya kembali sebagai PR IV yang menangani bidang Pengembagan Institusi dan Kerjasama. Tian menekankan pentingnya peran PR IV dalam mengembangkan institusi di UT. Cakupan pengembangan ini cukup luas karena meliputi berbagai aspek termasuk inovasi-inovasi yang nantinya dapat berkontribusi terhadap pengembangan institusi UT sendiri. Tian menambahkan, peranan PR IV dalam bidang kerjasama juga tidak kalah penting. Kerjasama dengan berbagai institusi dapat berperan penting terhadap eksistensi dan pengembangan sayap UT untuk menjadi universitas negeri kelas dunia. Tak lupa Rektor UT juga mengapresiasi hasil dari kinerja PR IV selama periode 2011-2015 lalu dan berharap Yunus dapat mengemban amanah yang dipercayakan kepadanya kembali untuk UT yang lebih maju kedepan.

Beban yang harus dipikul pundak PR IV bukanlah perkara yang sepele. PR IV merupakan salah satu jabatan strategis yang berperan mengembangkan eksistensi UT di kancah nasional maupun internasional. Harapan dan tantangan besar juga akan dihadapi PR IV UT kedepan dengan dicanangkannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini.