UT Wujudkan Semangat Kepahlawanan dalam Berkarya

Sebagai salah satu institusi negeri yang telah mengabdi untuk turut serta dalam membangun bangsa lewat Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauhnya, UT pun tidak lepas dari peran para pahlawan yang telah berjasa mengentas negeri ini dari belenggu penjajahan. Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan, pada 10 November 2015 ini, UT ikut serta menyambut Hari Pahlawan dengan mengadakan upacara bendera yang digelar di lapangan Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pagi hari tadi.

Upacara peringatan Hari Pahlawan yang bertemakan “Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku” yang dimulai pagi hari tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar UT pusat. Dalam balutan busana paskibra, seluruh petugas upacara yang merupakan karyawan Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian, dan Sistem Informasi (LPBAUSI) UT melaksanakan upacara yang berlangsung sekitar satu jam dengan hikmat. Selain itu, sesuai dengan instruksi pemerintah dan sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan, mengheningkan cipta juga menjadi rangkaian acara dalam upacara peringatan Hari Pahlawan yang ke 70 ini.

Sejalan dengan tema Hari Pahlawan kali ini, dalam sambutan yang dibacakan oleh Pembantu Rektor I UT Dr. Yuni Tri Hewindati, Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa menuturkan pentingnya nilai kepahlawanan rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran, serta patriotik bagi jiwa sanubari semua anak bangsa demi kemajuan Indonesia. Beliau juga berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai landasan revolusi karakter bagi Indonesia yang maju dan bermartabat.

Hal ini juga diamini oleh Pembantu Rektor I UT yang berpesan kepada warga UT untuk dapat mengimplementasikan nilai kepahlawanan ke dalam diri sendiri dalam bekerja untuk melayani masyarakat dibidang pendidikan. Dalam momentum ini UT bertekad untuk dapat menumbuh kembangkan nilai kepahlawanan kepada civitas akademika dan mahasiswa melalui pendidikan demi membangun Indonesia yang berpendidikan dan berbudi luhur.