Meningkatkan Kualitas Melalui Kerjasama Antar Negara

Menyediakan pendidikan tinggi bagi masyarakat Indoneisa telah menjadi tujuan utama dari Universitas Terbuka (UT) selama bertahun-tahun. Tujuan besar ini akan sulit tercapai jika UT tidak melakukan usaha untuk tidak hanya mempertahankan tetapi juga meningkatkan kualitas dan kapasitas untuk menjadi universitas kelas dunia. Peningkatan kualitas harus mencakup semua aspek yang mendukung UT, termasuk infrastruktur dalam menyediakan akses yang lebih baik terhadap pendidikan tinggi; sumber daya manusia baik para akademisi atau staf dan mahasiswa; informasi terbaru dan terkini tentang pendidikan; dan jaringan dunia terhadap institusi pendidikan ataupun non pendidikan dalam usaha untuk memperoleh standard pendidikan yang lebih baik.

Sebagai sebuah usaha untuk menggapai tujuan besar ini khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memperluas jaringan dunia, UT telah memulai kerjasama dengan University of Newcastle Australia (UON) melalui penandatanganan nota kesepahaman antara UT yang diwakili oleh Dekan FKIP Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D dan UON oleh Winnie Eley pada Sabtu, 28 Oktober 2015 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan ditengah-tengah acara Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) yang merupakan forum bagi guru untuk bertemu dan berdiskusi mengenai isu-isu terkini tentang pendidikan. Hadir dalam acara penandatanganan tersebut Assoc. Prof. Ruth Reynolds, Ph.D dari UON yang juga merupakan pembicara pada seminar TING VII 2015.

Dua institusi pendidikan tersebut akan bekerjasama di berbagai hal seperti berpartisipasi dalam mengikuti program studi, penelitian dan pelatihan penelitian; mengembangkan program bersama-sama; melakukan konferensi, seminar, dan lokakarya bersama; pertukaran akademisi / staf dan mahasiswa atau melanjutkan studi di luar negeri; dan kolaborasi lainnya dimana kedua lembaga dapat memberikan kontribusi demi peningkatan kualitas pendidikan. Baik UT ataupun UON melihat kesempatan yang dapat dicapai bersama dimasa depan untuk memperbesar kapasitas mereka sebagai universitas kelas dunia dengan ratusan ribu mahasiswa.

Kerjasama ini dinilai penting karena pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah dicetuskan oleh para pemimpin negara ASEAN, pendidikan adalah hal yang sangat diperhatikan. Hal tersebut membuat setiap orang perlu meningkatkan kopetensi mereka untuk dapat bersaing dengan individu lain dari belahan dunia manapun khususnya di wilayah Asia Tenggara. Upaya ini berusaha dibangun oleh UT untuk mahasiswa dengan meningkatkan kualitasnya. Kolaborasi ini direalisasikan dalam waktu dekat sesuai dengan kesepakatan selanjutnya.