Mencetak Lulusan UT Menjadi Wirausahawan

Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu tidak lagi menjadi satu-satunya sasaran utama dalam membentuk peserta didik di pendidikan tinggi. Namun kebutuhan dunia yang selalu berkembang setiap saat mendesak institusi perguruan tinggi untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang ilmu tertentu tetapi juga yang memiliki wawasan dan sudut pandang luas. Stigma masyarakat tentang pekerjaan kantoran sebagai pegawai bukan lagi menjadi tujuan tunggal mahasiswa setelah mereka lulus dari perguruan tinggi. Saat ini menciptakan lapangan pekerjaan sendiri telah menjadi pilihan bagi banyak kalangan khususnya mahasiswa.

Universitas Terbuka (UT) melihat hal ini sebagai suatu potensi besar yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem pembelajaran untuk mahasiswanya. Oleh karenanya, Wisuda Periode IV Wilayah 2 UT pada 24 November 2015 di Universitas Terbuka Terbuka Convetion Center (UTCC) diselenggarakan dengan mengambil tema “Menanamkan Jiwa Kewirausahaan pada Peserta Didik” yang juga merupakan satu rangkaian dengan seminar yang diadakan sehari sebelumnya.

Wisuda_Wil_IV_Tahap_II_24nop15

Jiwa kewirausahaan merupakan jiwa yang mandiri, ulet, bekerja keras, disiplin, dan mempunyai inisiatif. Sebenarnya sifat seperti ini sudah diterapkan oleh mahasiswa UT melalui Self Regulated Learning dalam melakukan proses belajar mandiri di UT. Selain itu, UT juga telah memasukkan mata kuliah kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib seperti sambutan Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D pada wisuda kali ini, “Sebagai satuan pendidikan tinggi, UT juga berkiprah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa. UT sudah memasukkan  matakuliah kewirausahaan sebagai matakuliah wajib di beberapa program studi di lingkungan UT. UT juga telah melaksanakan amanat pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan yang disebut Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Melalui program tersebut UT telah melatih dan menyalurkan dana hibah untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan dikalangan mahasiswa. Selain itu UT telah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk membina kewirausahaan dikalangan mahasiswa UT”.

Dalam wisuda yang dihadiri lebih dari 800 wisudawan pilihan dari seluruh Indonesia ini, dua mahasiswa terbaik menerima penghargaan dari Rektor UT. Mereka adalah Eny Prasetyowatiningsih, wisudawan program studi DII Perpustakaan dan Putri Novita Sari, wisudawan program studi S1 Pendidikan Guru PAUD. Selain itu, diantara wisudawan-wisudawan yang hadir terdapat juga beberapa wisudawan yang memiliki keunikan dalam berbagai hal, salah satunya Welin Kusuma, seorang wisudawan yang memiliki 27 gelar dan lima diantaranya dari UT.