Melalui Hari Sumpah Pemuda, UT Peduli Pemuda dan Lingkungan

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia”, sebuah kutipan pidato Bung Karno pada sambutan MENPORA pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang menyiratkan betapa pentingnya semangat pemuda dalam pembangunan bangsa. Demikian pula Universitas Terbuka (UT) yang bersemangat untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang kali ini bertemakan “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi ‘Satu untuk Bumi’” melalui upacara bendera pada 28 Oktober 2015 di Lapangan Upacara Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Upacara bendera yang berlangsung mulai pagi hari tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran civitas akademika dan karyawan UT pusat. Bukan hal baru bagi UT mengadakan upacara bendera semacam ini. Secara rutin, setiap tahunnya UT selalu mengadakan upacara-upacara bendera untuk memperingati hari-hari besar negara yang seluruh petugasnya merupakan karyawan UT. Hal ini merupakan bentuk rasa cinta dan nasionalisme UT kepada Republik Indonesia khususnya dalam mendorong kebangkitan pemuda Indonesia dalam upacara penyambutan HSP kali ini.

Peringatan Sumpah Pemuda Universitas Terbuka 28-10-2015

Sesuai dengan tema nasional yang memasukkan unsur lingkungan pada Hari Sumpah Pemuda kali ini, melalui Pembantu Rektor II Dra. Dewi A.Padmo Putri, M.A., Ph.D, Rektor UT menyampaikan keprihatinannya terhadap bencana kabut asap yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Terlebih lagi, terdapat 5 UPBJJ UT yang terkena dampak kabut asap, yakni Jambi, Pekanbaru, Pontianak, Palangkaraya, dan Palembang. Oleh karena itu, Rektor UT telah menginstruksikan untuk menyalurkan bantuan kepada kelima UPBJJ tersebut berupa oksigen dan masker. Selain itu UT juga menyalurkan bantuan masker kepada masyarakat sekitar UPBJJ yang terkena dampak serta makanan bagi relawan yang membantu penanggulangan bencana kabut asap.

Melalui Hari Sumpah Pemuda kali ini, UT bertekad untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia melalui pendidikan terutama dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan berbudi pekerti luhur serta peduli terhadap lingkungan.