IndonesiaX Jalin Kerjasama dengan UT

Education is in the speed of will, sebetulnya dimana ada kemauan, di situlah kita sudah mulai bisa melakukan proses pembelajaran” seperti yang dikatakan oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D Kamis kemarin, 8 Oktober 2015 di Senayan City Mall Jakarta, pada acara penandatanganan MoU kerjasama antara IndonesiaX dan Universitas Terbuka dalam penyelenggaraan kursus gratis bagi masyarakat melalui dunia maya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA yang juga merupakan Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Guru Besar Fakultas Ekonomi UI dan pendiri Rumah Perubahan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D sebagai Wakil Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX, Anggota Dewan Penasihat Budianto Andreas Nawawi, Direktur dan COO IndonesiaX Dean Jay Mathew, serta Presiden Direktur dan CEO IndonesiaX Lucyanna Pandjaitan.

Penyelenggara, dalam hal ini IndonesiaX bekerjasama dengan UT dalam pengembangan MOOC (Massive Open Online Course) di Indonesia. MOOC adalah sebuah kursus online yang menyediakan layanan pendidikan gratis bagi masyarakat. Kerjasama ini menunjukkan bahwa UT sangat mendukung pengembangan MOOCs di Indonesia. Menurut Tian Belawati, program MOOC ini sudah dilakukan tidak kurang dari 400 Perguruan Tinggi di seluruh dunia dan mempunyai sekitar 25 juta peserta, dan UT sendiri telah melaksanakan program MOOCs sejak tahun 2014 lalu. Program ini dirasa dapat memberantas kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan seperti yang diungkapkan oleh M. Nuh pada sambutannya.