Pelaksanaan UMB-PT di UT

Setelah lulus SMU sederajat, antusias dari para siswa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi cukup tinggi. Berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru ditawarkan. Itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk dapat memberikan kesempatan bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk terus menuntut ilmu, menyelesaikan pendidikan setinggi-tingginya.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) merupakan kesempatan akhir para lulusan SMU sederajat untuk masuk ke perguruan tinggi pilihannya. Pelaksanaan UMBPT ini dilaksanakan serentak diberbagai tempat seluruh Indonesia pada Minggu, 2 Agustus 2015. UT untuk kedua kalinya turut berperan serta dalam kegiatan ini. UT menyiapkan 7 lokasi yaitu UT Pusat Pondok Cabe, UPBJJ-UT Jakarta dan SMK 5 Bekasi, UPBJJ-UT Mataram, UPBJJ-UT Makassar, UPBJJ-UT Pontianak. UT Pusat dengan total peserta 586 orang. UPBJJ-UT Jakarta dan SMK 5 total peserta sejumlah 829 orang, UPBJJ-UT Mataram sejumlah 7 orang. UPBJJ-UT Makassar sejumlah 50 orang. UPBJJ-UT Pontianak sejumlah 19 orang. Kegiatan UMB-PT ini dikelola oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMB-N). Pelaksanaan UMBPT ini berlangsung tertib dan lancar. Pada saat ujian berlangsung, hadir para panitia dari DIKTI melihat tertib acara penyelenggaraan kegiatan ini di UT.

Peserta Perguruan Tinggi Negeri yang ikut serta Universitas Malikussaleh, Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Jambi, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Univeritas Terbuka, Universitas Palangka Raya, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Udayana Bali.

Melalui UMBPT ini, UT memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berhasil lulus pada ujian seleksi ini. UT bekerja sama dengan P-SPMB-N melakukan penerimaan mahasiswa baru. Pilihan program yang ditawarkan kepada calon mahasiswa sebanyak 10 program studi. FMIPA dengan Program Studi Agribisnis bidang minat komunikasi dan penyuluhan pertanian, bidang minat komunikasi dan penyuluhan peternakan, bidang minat komunikasi dan penyuluhan perikanan; Program Studi Ilmu Teknologi Pangan. FISIP dengan Program Studi Administrasi Negara, Administrasi Niaga, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris Penerjemahan; FEKON dengan program studi Akutansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan.