Disporseni UT Wilayah Barat Tahun 2015 Diikuti 10 Kontingen

Digelar di lapangan Batalyon Infanteri Yudha Sakti 133, Padang, pembukaan Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni (Disporseni) Universitas Terbuka (UT) Wilayah Barat tahun 2015 berlangsung meriah. Mahasiswa-mahasiswa UT yang merupakan peserta Disporseni terlihat begitu semangat dan gembira. Disporseni berlangsung mulai tanggal 19 – 22 Agustus. Diiringi marching band, pembukaan didahului defile dari 10 kontingen UPBJJ-UT yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Batam, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung.

Acara diteruskan dengan laporan Kepala UPBJJ-UT Padang Dra. Yusrafiddin, M.Pd. selaku ketua panitia, dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D yang berharap lulusan UT dapat menjadi garda bangsa dan negara Republik Indonesia, juga disampaikan walaupun Disporseni meupakan ajang kompetisi, dimana para peserta membangun jiwa sportifitas, namun yang harus dikedepankan adalah rasa persatuan dan kebersamaan. Penting untuk disadari dan dirasakan bahwa para peserta adalah warga almamater UT, sehingga selama Disporseni berlangsung para peserta dapat menumbuh kembangkan rasa kesatuan dan bersatu serta kecintaan terhadap alamamater, khususnya kecintaan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Plt. Gubernur Sumatera Barat, Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum pelaksanaan kegiatan ini dianggap sangat strategis karena merupakan perwujudan dari sembilan program prioritas pemerintah. Olah raga dan diskusi ilmiah dapat menumbuhkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara, jiwa sportifitas dan kesatria.

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plt. Gubernur Sumatera Barat dan Rektor UT seta pelepasan balon ke udara oleh Kepala UPBJJ-UT Padang, dilanjutkan dengan tukar menukar cindera mata. Kemeriahan acara pembukaan tidak hanya sampai disitu saja, tarian-tarian khas Minang dengan music dan penari-penari yang lincah serta gemulai menambah meriah suasana. Tidak disangka-sangka Plt Gubernur Sumatera Barat mengajak Rektor UT untuk menyalami para peserta Disporseni serta seluruh panitia, dan berfoto bersama.

Lampiran: Booklet rangkuman kegiatan Disporseni Wilayah Barat 2015