Pembangunan Sumber Daya Manusia Terdidik

Kesungguhan Universitas Terbuka (UT) dalam mengemban tugas dari pemerintah untuk berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dibuktikan dengan meluluskan 24.575 wisudawan dari seluruh Indonesia.

Wisuda UT Periode II Wilayah 2 yang diselenggarakan pada Selasa, 26 Mei 2015, di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dihadiri oleh 1202 wisudawan terbaik yang diundang untuk wisuda di Pondok Cabe. Turut pula di wisuda dua wisudawan dari Hongkong dan dua dari Arab Saudi.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, menyampaikan pentingnya menggelorakan kebangkitan bangsa dari keterpurukan, kemiskinan, dan kebodohan. Pengentasan keterpurukan, kemiskinan, dan kebodohan tersebut harus menjadi perhatian dan tanggungjawab kita semua.

Disampaikan pula dalam wisuda yang bertemakan “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Pembangunan Sumberdaya Manusia Terdidik”, bahwa pembangunan sumber daya manusia merupakan pekerjaan yang tidak mudah, dan tidak pernah ada ujungnya. Melalui pendidikan kita melakukan investasi yang sangat penting dalam menyiapkan generasi muda Indonesia yang terdidik, unggul, berdaya saing tinggi, dan mampu bekerja sama dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan, baik pada tataran lokal, regional, maupun global.

Orasi ilmiah disampaikan oleh Ir. Anak Agung Satrawan Putra, M.A., Ed.D. dosen pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UT. Pada kesempatan yang sama UT juga memberikan penghargaan kepada empat wisudawan terbaik yaitu:

  1. Didik Sadianto S2 Magister Pendidikan Matematika (M.Pd.); IPK 4,00 ; UPBJJ-UT Surabaya
  2. Miftahul Muin S2 Magister Pendidikan Matematika (M.Pd.); IPK 4,00 ; UPBJJ-UT Surabaya
  3. Widarso Pujianto Eko Putro S2 Magister Pendidikan Matematika (M.Pd.); IPK 4,00 ; UPBJJ-UT Jember
  4. Moh. Dulsalam S2 Magister Pendidikan Matematika (M.Pd.); IPK 4,00 ; UPBJJ-UT Semarang

UT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menggunakan sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dalam proses pendidikannya, memiliki jumlah mahasiswa yang sangat besar dan daya jangkau yang sangat luas. Dengan jumlah mahasiswa dan alumni yang besar ini, UT dapat berkontribusi didalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Semoga visi UT: “Pada tahun 2021, UT menjadi institusi Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam pengembangan teori dan praktek PTTJJ” dapat terwujud

Tags: