PT. Samudera Indonesia Tangguh Bangun Kerjasama dengan UT

Dalam dinamika dunia bisnis yang sangat pesat saat ini, mutu sumber daya manusia sangat menentukan kebertahanan dan kemajuan suatu perusahaan.

Itulah sebabnya, perusahaan- perusahaan modern yang menempatkan SDM sebagai human capital membangun sistem yang memungkinkan para pegawainya terus belajar untuk memperbaharui dan meningkatkan kemampuan dirinya agar mampu menyikapi, menyesuaikan, dan bahkan mengantisipasi perubahan yang terjadi.

Salah satu perusahaan modern yang sangat peduli dengan mutu SDM tersebut adalah PT. Samudera Indonesia Tangguh (PT. SIT). Bagi PT. SIT yang bergerak dalam jasa layanan seperti jasa transportasi, pembuatan kapal, dan jasa logistik di dalam dan luar negeri, kualitas SDM mendapat perhatian yang sangat serius.

Hal itulah yang mendasari PT. SIT menjalin kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT). Kerja sama ditandai dengan penandatangan Memorandum Kesepahaman di Wisma II, Kantor UT Pusat antara Managing Director PT. SIT, Bani M. Mulia, dengan Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati, pada tanggal 30 Desember 2014.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan, “UT bisa menjadi solusi bagi PT. SIT yang ingin meningkatkan kompetensi dan kualifikasi para pegawainya yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan di luar negeri. Mereka dapat kuliah, sambil terus bekerja dan menunaikan tugas-tugas lain. Dalam kesibukannya mereka juga bisa ikut ujian bahkan ketika mereka sedang bertugas di daerah atau di luar negeri. Itulah kekuatan konsep Keterbukaan dan Jarak Jauh yang melekat pada UT sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem Pendidikan Jarak Jauh. Bagi UT sendiri, hubungan dengan PT. SIT bukanlah sesuatu yang sama sekali baru. Komisaris PT. SIT, Ibu Santi L Poesposoetjipto, adalah Dewan Penyantun UT.”

Bani M Mulia, Managing Director PT. SIT dalam sambutan balasannya mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaannya dapat bekerja sama dengan UT. “SDM bagi PT. SIT yang bergerak dalam core business jasa layanan merupakan asset utama dan ujung tombak penentu keberhasilan perusahaan. Karenanya, berbagai upaya dan fasilitasi terus dilakukan perusahaan untuk memacu pegawainya agar terus belajar, belajar, dan belajar, dengan tanpa meninggalkan tugas pokok pekerjaanya. Dengan kondisi pegawai yang sangat mobile dan tersebar itulah, PT. SIT memandang UT mampu untuk menjawab pemenuhan kebutuhan perusahan dalam meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pegawainya,“ujarnya.

Tags: