Universitas Terbuka dan Open Courseware Consortium Global Conference

Open courseware (OCW) menjadi sebuah keniscayaan pada era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini. OCW Consortium (OCWC) terbentuk didasari oleh sebuah gerakan mendorong terwujudnya keadilan dengan memberikan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat dunia khususnya mereka yang menghadapi keterbatasan dikarenakan faktor sosial, ekonomi, politik maupun budaya. OCW consortium beranggotakan ratusan institusi termasuk Universitas Terbuka untuk mendorong pemanfaatan bersama matakuliah dan sumber pembelajaran terbuka berkualitas yang dikembangkan oleh berbagai dosen dan perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang sangat baik. OCWC juga mendorong terwujudnya tatanan dunia yang berkeadilan dan membebaskan masyarakat dunia dari kebodohan dan ketertinggalan.

OCWC Global Conference di Bali merupakan pertemuan tahunan anggota OCWC yang dihadiri oleh 190 delegasi dari berbagai negara dan UT mengirimkan 7 peserta. UT menjadi partner dalam penyelenggaraan OCWC Global Conference ini. Pada tahun ini, OCWC Global Conference didahului dengan peresmian Indonesia OER (I-OER) sebagai salah satu perwujudan dari ketentuan Undang Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan pengembangkan sumber pembelajaran terbuka. OCWC Global Conference secara resmi dibuka oleh Prof. Dr. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada Diskusi Panel pertama menyajikan Prof. Tian Belawati (Rektor UT), Prof. Nizam (Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi), Prof. Hasibuan (Aptikom) dan Prof. Eko Indrajit (Presiden APTIKOM) yang mengkaji peran Indonesia dalam kontribusinya untuk mendorong ubiquitous learning dan upaya untuk mewujudkan pendidikan tinggi untuk semua.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan MOU antara Presiden ICDE yang juga Rektor UT, Prof. Tian Belawati, dengan Presiden OCWC, Anka Mulder. Pada acara Book Launch, OER: Asian Perspectives edited by Prof. Dhanarajan dan David Porter, Prof. Tian Belawati selaku Presiden ICDE dan Rektor Universitas Terbuka dan Prof. Richardus Eko Indrajit, Presiden APTIKOM menerima secara simbolis buku OER: Asian Perspectives untuk diseminasi yang lebih luas.

Gerakan Open Courseware di dunia menunjukkan perkembangan yang pesat dengan semakin banyaknya institusi yang bergabung dengan gerakan ini baik didalam OCWC maupun pada federasi Open Courseware lainnya. Kolaborasi berbagai institusi dalam OCWC telah mengahasilkan ribuan alumni dan berbagai mata kuliah online secara gratis. Gerakan Open Courseware diharapkan menjadi salah satu instrumen untuk mewujudkan keadilan di dunia dan juga menyediakan mata kuliah berkulitas yang dapat dimanfaatkan secara gratis.